Gelar Audiensi Ke Komisi E DPRD Sumut, IMAMIKOM FISIP USU Bahas Kebijakan Kuliah Tatap Muka -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Gelar Audiensi Ke Komisi E DPRD Sumut, IMAMIKOM FISIP USU Bahas Kebijakan Kuliah Tatap Muka

Thursday, November 4, 2021

(Image/Gambar) : katan Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi  (IMAMIKOM) FISIP USU menggelar audiensi bersama Ketua Komisi E DPRD Sumatera Utara

 

Medan - Sumutpos.id : Ikatan Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi  (IMAMIKOM) FISIP USU menggelar audiensi bersama Ketua Komisi E DPRD Sumatera Utara, Dimas Tri Adji, S.I.Kom dalam rangka membahas persiapan penyelenggaraan webinar pendidikan bertajuk "Mengukur Persiapan Perguruan Tinggi di Sumatera Utara Dalam Menerapkan Kuliah Tatap Muka Ditengah Situasi New Normal, Seberapa
Siapkah Kita?" yang rencananya digelar di Aula FISIP USU pada Sabtu (13/11) mendatang.

Ketua Komisi E DPRD Sumatera Utara, Dimas Tri Adji, S.I.Kom mengatakan bahwa pihaknya mendukung kegiatan ini sebagai wujud inisiatif IMAMIKOM FISIP USU untuk memberikan kejelasan kepada masyarakat terkait kuliah tatap muka ini.

"Saya pada prinsipnya mendukung acara ini karena memang kebijakan untuk menerapkan kuliah tatap muka ini perlu didudukkan bersama," ungkap Dimas saat ditemui di kantor DPRD Sumut, pada Rabu (03/11).

Ia menilai, kondisi pendidikan saat ini sudah saatnya dipulihkan, apalagi sudah dua tahun lebih semua kampus dan sekolah menerapkan pembelajaran daring. Menurutnya, banyak persoalan yang timbul di masyarakat akibat terlalu lamanya penerapan belajar daring ini, sehingga pihaknya mendorong agar webinar ini mampu memberikan jawaban yang menyeluruh terkait bagaimana skema penerapan belajar tatap muka yang tetap aman dilaksanakan sesuai dengan prosedur kesehatan.

"Sudah terlalu lama kita kalah sama pandemi ini, padahal jika kita mampu memperketat disiplin penerapan prokes dan teknis perkuliahan sesuai dengan panduan ahli kesehatan, saya kita kuliah tatap muka bisa kita lakukan," pungkasnya.

Apalagi, lanjut Dimas, Kota Medan sudah mencapai level 2. Sehingga, politisi Partai Nasdem ini berpendapat bahwa perkuliahan tatap muka seharusnya sudah bisa dipertimbangkan untuk diterapkan di beberapa kampus di Sumatera Utara.

Sementara itu, Ketua IMAMIKOM FISIP USU, Muhammad Fadli, S.I.Kom menjelaskan bahwa kegiatan webinar pendidikan ini dalam rangka merespon Surat Edaran Resmi Nomor 4 Tahun 2021 terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Menurutnya, kebijakan ini perlu dikaji untuk menjadi bahan pertimbangan bagi perguruan tinggi di Sumatera Utara untuk memulai kuliah tatap muka.

"Kami kira kebijakan kuliah tatap muka ini perlu kita bahas, oleh karenanya, IMAMIKOM USU menggagas webinar ini untuk mencari titik kejelasan terkait kuliah tatap muka ini," ucap Fadli.

Menurutnya, masyarakat dan khususnya mahasiswa sudah lama menantikan kapan kuliah tatap muka ini diterapkan. Jadi Fadli berharap, pada webinar kali ini bisa memberikan jawaban yang lebih menyeluruh terkait kuliah tatap muka tersebut.

Senada, Ketua Panitia Webinar Pendidikan IMAMIKOM FISIP USU, Fauzan Ismail menjelaskan bahwa pihaknya juga akan mengundang pihak LLDIKTI dan pakar kesehatan yang nantinya berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat USU.

"Selain dari pihak DPRD Sumut sebagai pembuat kebijakan, kami juga mengundang Humas USU dan pihak LLDIKTI Wilayah I Sumut untuk memberikan informasi terkait kesiapan kampus untuk menerapkan kuliah tatap muka," jelasnya.

"Juga Dekan FKM USU yang juga selaku pakar kesehatan juga kita undang untuk memberikan masukan terkait penerapan kuliah tatap muka ini," tambahnya.

 

(Red-SP.ID/ARS).