Polres Pematangsiantar Gelar Latihan Kesiapsiagaan Pleton Dalmas Menjaga Kamtibmas -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Polres Pematangsiantar Gelar Latihan Kesiapsiagaan Pleton Dalmas Menjaga Kamtibmas

Minggu, 24 Oktober 2021

 

(Image/Gambar) : Polres Pematangsiantar saat menggelar apel Kesiapsiagaan.

Pematangsiantar - Sumutpos.id : Dalam rangka meningkatkan situasi kamtibamas yang kondusif Polres Pematangsiantar laksanakan latihan apel kesiapsiagaan pleton dalmas yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Lamin SPd, Samapta AKP Muri Yasnal, bersama dengan Kanit Dalmas Aiptu Abdul Malik, di Lapangan Apel Polres Pematangsiantar, Sabtu (23/10/2021) sekira pukul 09.00 WIB.



Sebelum latihan dimulai personil terlebih dahulu melaksanakan Apel untuk pengecekan kesiap siagaan personil dan kelengkapan yang akan di gunakan ,Latihan ini dibagi oleh pelatih menjadi 3 tim yaitu tim Negosiator, Dalmas Awal dan Dalmas Lanjut. Dengan materi formasi Dalmas sikap siaga, sikap tempur, dorong maju, Desak maju, sikap berlindung dan sikap dorong maju.


Plh Kapolres Pematangsiantar AKBP Benni Remus Hutajulu SIK melalui Kabag Ops Kompol Lamin menyampaikan, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota juga bertujuan untuk melatih fisik pada saat menghadapi unjuk rasa dalam mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Pematangsiantar.


Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya,pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat dilapangan yaitu kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti mobil water canon dan gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.


Kabag Polres Pematangsiantar Ops Kompol Lamin berharap, dengan adanya pelatihan ini seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan,dan untuk menyamakan persepsi terkait kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing personil dalam pelaksanaan pengamanan unjuk rasa. (Red-SP.ID/FIS).