Poltak Sitorus Terima Audensi APDESI Toba, Kegiatan di Desa Agar Bersifat Produktif -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Poltak Sitorus Terima Audensi APDESI Toba, Kegiatan di Desa Agar Bersifat Produktif

Selasa, 20 Februari 2024



Balige, Sumutpos.id - Bupati Kabupaten Toba,Poltak Sitorus menyampaikan bahwa setiap kegiatan yang ada di desa dapat menghasilkan juga bersifat produktif serta diketahui apa outcome dan output-nya.


Hal ini disampaikan Poltak Sitorus saat menerima audiensi Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Toba di Kantor Bupati Toba,Balige, Senin (19/2/2024).


"Setiap kegiatan yang dilakukan di desa agar dapat menghasilkan yang bersifat Produktif," Ujar Poltak Sitorus.


Lebih lanjut Poltak Sitorus juga mengatakan bahwa setiap anggaran yang digunakan pada kegiatan tersebut dapat dimaksimalkan untuk mensejahterahkan Masyarakat desa atau warga. 


Dalam audiensi ini, Ketua APDESI Kabupaten Toba, Andi Jonson Siahaan juga menyampaikan hal-hal yang perlu dibahas dalam audiensi ini.


Andi juga menyampaikan bahwa Permohonan dari anggota APDESI yang terkait kebijakan tentang Alokasi Dana Desa,dan bagi hasil pajak.


Dalam audiensi tersebut, Ia juga menyampaikan masalah-masalah yang terjadi di desa mulai dari penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa, insentif Kader Posyandu, Lembaga Adat Desa, Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa, kebutuhan seragam Linmas, sampai pada dibutuhkannya pembinaan dan pelatihan dari OPD yang terkait, agar kedepannya tidak ada temuan dari Inspektorat terkait kegiatan yang dilakukan di desa.


Untuk menyikapi permohonan dari APDESI Kabupaten Toba, Sekda Kabupaten Toba,Augus Sitorus memberikan kesempatan kepada para kepala OPD yang terkait untuk dapat menanggapi permasalahan yang terjadi di desa. 


Dalam hal ini, Bupati Toba juga menanggapi APDESI untuk memprioritaskan masalah mana yang ingin diselesaikan terlebih dahulu. Sehingga dalam audiensi tersebut permohonan kenaikan penghasilan tetap kepala desa dan perangkat desa menjadi Prioritas. 


Bupati Toba berpesan agar kepada seluruh anggota APDESI untuk tidak hanya meningkatkan etos kerja para kepala desa itu sendiri maupun perangkat desa, melainkan kepala desa diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk memiliki etos kerja yang Hibas, Padot, dan Togos (HiPaS) ujar Poltak. 


Bupati juga berpesan agar pemerintah desa dapat bergandengan tangan dan solid dengan pemerintah kabupaten dalam membangun Kabupaten Toba. Karena tanpa Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten tidak bisa membangun Kabupaten Toba.


"Seluruh kepala desa jangan hanya meningkatkan etos kerjanya sendiri maupun perangkat desa, tetapi harus mampu menggerakkan masyarakat untuk meningkatkan etos kerja yang Hibas, Padot, Togos (HiPaS). Kita juga harus bersama-sama bergandengan tangan dan tetap solid untuk membangun Kabupaten Toba, karena tanpa pemerintah desa, pemerintah Kabupaten tidak bisa membangun Kabupaten Toba," pesan Bupati Toba.


Turut hadir mendampingi Bupati Toba yaitu Sekda Toba Augus Sitorus, Plt. Kadis PMDPPA, Plt. Kadis PUTR/Kepala Bappelitbangda, Kadis Kesehatan,dan Inspektorat Toba. 

(Red-SP.ID/Harry JM)