Bupati Menerima Audiensi Badan Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Jambi -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Menerima Audiensi Badan Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Jambi

Selasa, 20 Februari 2024




Kuala Tungkal, Sumutpos.id - Bupati Tanjung Jabung Barat Drs.H.Anwar Sadat,M.Ag menerima audiensi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Tanjung Jabung Barat, Selasa(20/02).


Hadir dalam pertemuan tersebut, PJ Sekda Tanjab Barat, Kepala Balai POM, Kadis Perindag, Kadis Kesehatan, Kadis PMD, Kadis PMPTSP serta undangan lainnya.


Mengawali sambutannya, Kepala Balai POM Veramika Ginting,S.Si,Apt., M.H menyampaikan bahwa ada 2 kegiatan program nasional yang perlu disampaikan, pertama adalah program nasional terkait dengan 3 program yang sebenarnya sudah dilaksanakan di tanjung jabung barat.


“Pertama, Desa pangan aman, dimana akan kita minta 3 nama desa yang akan di intervensi. Dari 3 desa ini 1 desa kami minta adalah desa stunting yang akan kita intervensi dan melakukan bimtek, sehingga kami harapkan nantinya desa ini juga akan mampu mengkader desa lainnya.” ungkapnya


Lebih lanjut, Program Ini akan dilombakan secara nasional, di tanjung jabung barat ada desa purwodadi yang tahun 2016 sudah di intervensi, kita juga ada ajang yang bisa kita manfaatkan untuk kita lombakan.


“Kedua ada Pasar aman, makanya kami minta disperindag turut hadir, karena nantinya kami akan mengecek pasar aman dari bahan berbahaya. Selain kebersihan juga akan disediakan posko untuk masyarakat mengadu jika mencurigai adanya makanan dari bahan yg berbahaya.”tambahnya


“Ketiga, Pangan jajanan anak sekolah, kepada kepala dinas pendidikan kami minta untuk menyediakan 8 sekolah untuk kita intervensi. Dan inilah tiga program nasional yg pertama. 

Lalu yang kedua, kami juga mengalokasikan dana alokasi khusus setiap tahunnya untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat.”jelasnya





Diakhir sambutannya, ia berharap adanya peningkatan efektifitas pengawasan obat dan makanan di tanjung jabung barat. Karena untuk tanjab barat selama ini telah di evaluasi program nya bagus. 


“Kami berharap peran kami di tanjab barat ini dapat dimaksimalkan, baik dari pengawasan obat dan makanan.”tutupnya


Dalam kesempatan yang sama, Bupati Anwar Sadat sampaikan ucapan terimakasih atas silaturahmi Badan POM ke Pemda Tanjab Barat, dimana kerja sama ini harus diupayakan semaksimal mungkin dalam rangka untuk program-program yang secara nasional sudah ber BPOM.


“Saya pahami terkait pengawasan obat, desa pangan aman, pasar, jajanan sekolah, apalagi tadi terkait dengan stunting. Kebetulan kami tanjung jabung barat sangat progres dalam penurunan angka stunting,” ucapnya


Dilanjutkannya bahwa, terkait dengan desa pangan aman ini akan kami tentukan 3 nama desa yang nantinya bisa untuk diintervensi.


“Dan juga masalah penggunanan antibiotik itu sangat penting, termasuk pengawasan penggunaan antibiotik di toko-toko obat dan juga pengawasan obat-obat terlarang yang biasa dibeli bebas tanpa adanya resep tertentu dari dokter.” Jelasnya


Oleh karena itu, Bupati Berharap kerjasama dalam pengawasan obat dan makanan ini harus di lakukan secara optimal sehingga nantinya masyarakat khususnya Tanjung Jabung Barat akan aman dan terhindar dari obat-obatan dan makanan yang mengandung zat berbahaya.

(Red-SP.ID/Lingga)