Disparbudpora Kab. Nias Barat Melaksanakan Audiensi di Kemendikbudristek RI -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Disparbudpora Kab. Nias Barat Melaksanakan Audiensi di Kemendikbudristek RI

Jumat, 15 September 2023



Nias Barat - Sumutpos.id : Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat ibu April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., beserta rombongan yang terdiri dari Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Usaha Pariwisata, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Pemasaran, dan Kelembagaan, didampingi tenaga ahli Bupati Nias Barat, ibu Nelly Marinda, melakukan audiensi di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Audiensi ini disambut dengan hangat oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Bapak Drs. Fitra Arda, M.Hum., mewakili Kemendikbudristek RI. Pada pertemuan ini berfokus membahas berbagai program strategis yang sangat relevan bagi pembangunan kebudayaan dan pariwisata daerah. Jumat, 14/09/2023


Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Nias Barat mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek RI atas dukungan yang telah diberikan dalam penampilan Sanggar Bumi Aekhula pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 pada tanggal 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka Jakarta. Hal ini menunjukan sinergi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mempromosikan budaya dan kesenian tradisional Kabupaten Nias Barat. Ibu April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., juga menjelaskan beberapa program strategis di bidang kebudayaan yang bertujuan untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional Kabupaten Nias Barat. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Nias Barat berkomitmen untuk terus menggelar berbagai event daerah yang dikemas  dengan nuansa kebudayaan dan kearifan lokal. 


Selama pertemuan, Kadis Parbudpora Kab. Nias Barat juga menyampaikan proposal kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, diantaranya pembinaan sanggar, Festival Pesona Aekhula, Pekan Raya Sumatera Utara, Lomba Tari Kreasi Aekhula Manari dan proposal kegiatan lainnya. Bapak Drs. Fitra Arda, M.Hum., selaku Sesditjen Kebudayaan menerima proposal ini dengan baik dan mengapresiasi kinerja Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Nias Barat dalam memperkenalkan tarian tradisional Kabupaten Nias Barat ke Istana Merdeka Jakarta.


Bapak Drs. Fitra Arda, M.Hum., juga menegaskan bahwa Kemendikbudristek RI akan terus memberikan dukungan kepada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Nias Barat, hal ini selaras dengan program kementerian yang nantinya dapat diakses guna mendukung program-program yang ada di daerah.  Disamping itu, peluang kesempatan beasiswa untuk putra-putri daerah Kabupaten Nias Barat di bidang kebudayaan akan menjadi salah satu agenda pada tahun 2024. 


Proposal kegiatan strategis Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kab. Nias Barat akan menjalani verifikasi oleh tim terlebih dahulu, dan hasilnya akan segera kembali di komunikasikan kepada dinas terkait untuk langkah selanjutnya. Pertemuan ini adalah langkah yang signifikan dalam mendukung pembangunan kebudayaan dan pariwisata yang berkelanjutan di Kabupaten Nias Barat.(Red-SP.ID/FH)