Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Nias Barat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Nias Barat

Jumat, 18 Agustus 2023



Nias Barat - Sumutpos.id : Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Nias Barat ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Halaman Kantor Bupati Nias Barat, Kamis (17/8/2023) pagi.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu. Sementara Komandan Upacara dipercayakan kepada Danramil 08/Mandrehe Letda Inf. Konstanci Waruwu, S.IP. Sedangkan Perwira Upacara adalah Kapolsek Mandrehe AKP Bruno Harefa.


Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023 dengan Tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” ini diikuti oleh Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si., Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli Wijawiyata, SH beserta jajaran Forkopimda, Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Abiyudin Waruwu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., M.M, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD lingkup pemerintah Kabupaten Nias Barat.



Selain itu, juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Nias Barat Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nias Barat Ny. Yuliria Era Era Hia, Ketua DWP Kabupaten Nias Barat Ny. Nur Awani S. Hia, perwakilan Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, pimpinan OKP/Ormas, TNI/Polri dan tamu serta undangan lainnya.


Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ditandai dengan bunyi sirine yang terdengar memecah kesunyian sebagai tanda peringatan peristiwa bersejarah 78 tahun lalu. Selanjutnya Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat Drs. Abiyudin Waruwu membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

(Image/gambar)Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia


Sebagai acara puncak, dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Nias Barat yang berasal dari perwakilan siswa/i SMA/SMK yabg ada di wilayah Kabupaten Nias Barat


Setelah Upacara Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan pelaksanaan berbagai lomba dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.


Melalui sambutannya, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu berharap peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dimaknai sebagai momentum untuk merefleksikan kembali perjuangan para pendiri bangsa dengan mengisi kemerdekaan melalui berbagai prestasi dan kerja nyata untuk mewujudkan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa.


“Peringatan HUT Kemerdekaan tidak hanya sekedar seremonial belaka, tetapi menjadi momentum untuk merefleksikan capaian dan tantangan yang dihadapi, untuk terus bersatu, bekerja sama dan berjuang bersama mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa dan mewujudkan visi, misi dan program pembangunan daerah Kabupaten Nias Barat yang kita cintai bersama,” ucap Bupati Khenoki Waruwu.


Selanjutnya, Bupati Khenoki Waruwu mengajak seluruh masyarakat Nias Barat untuk menjadikan peringatan kemerdekaan ini sebagai motivasi untuk terus maju, berinovasi dan mencapai keberhasilan di berbagai bidang.


“Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. Terus Melaju untuk Mewujudkan Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju demi Soguba ba Zato,” harapnya.


Setelah Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, menyampaikan sambutan, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias Barat, Sonifati Zebua, M.M, menyerahkan Piagam dan Plakat Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023 dari Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara dengan Predikat Informatif, yang telah ia terima mewakili pemerintah Kabupaten Nias Barat pada Selasa (15/8/2023) lalu, kepada Wakil Bupati dan Sekda Nias Barat.


Pada kesempatan itu, Bupati Nias Barat bersama Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah juga melakukan penyematan Satya Lencana Karya Satya kepada 59 orang Pegawai Negeri Sipil yang telah melaksanakan tugas dan menunjukan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran dan disiplin dan bekerja terus menerus paling kurang 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.


Selanjutnya, Bupati Khenoki Waruwu juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 10 Desa yang telah mencapai 100 persen realisasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan dari tahun 2014 sampai 2023.(Red-SP.ID/FH)