Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Ke58 Tanjung Jabung Barat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Pemkab Tanjab Barat Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Ke58 Tanjung Jabung Barat

Kamis, 10 Agustus 2023



Kuala Tungkal, Sumutpos.id - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat gelar upacara peringatan Hari Jadi ke-58 Kabupaten Tanjung Jabung Barat, bertempat di Alun-alun Kota Kuala Tungkal 10/8/2023.


HUT Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke 57 kali ini mengusung tema. "Terus Ikthiar untuk Tanjung Jabung Barat Berkah." Tema besar ini dilatar belakangi atas pencapaian yang telah diraih menjadikan posisi Kabupaten Tanjung Jabung Barat berdaya saing, situasi ekonomi dan sosial yang sulit akibat pandemi covid-19 beberapa tahun lalu telah dihadapi dan situasi ekonomi yang belum pulih yang kita hadapi sekarang untuk itu terus ikthiar membangun Kabupaten Tanjab Barat lebih baik.


Turut hadir Bupati Tanjung Jabung Barat, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Ketua/ Wakil Ketua dan para anggota DPRD, Forkopimda, Ketua GOw Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ketua DWP Kabupaten Tanjab Barat serta Pendiri dan pejuang Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Sekda, Staf Ahli, para Asisten, Seluruh Kepala OPD, Pejabat Administrasi, Pejabat Pengawas, Fungsional, Non ASN dan para undangan lainnya.



Saat sampaikan Sambutan, Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs.H.Anwar Sadat,M.Ag mengatakan Tranformasi digital yang sedang kita rasakan memberikan tantangan dan peluang bagi perkembangan perekonomian kedepan. Disatu sisi, digitalisasi, otomatis dan penggunaan kecerdasan buatan dalam aktivitas ekonomi akan meningkat juga membantu proses pembangunan diberbagai bidang diantarnya pendidikan melalui distance learning, Pemerintahan melalui e-government.


Akan tetapi, disisi lain perkembangan digitalisasi berpotensi menyebabkan hilangnya pekerjaan didunia, Maka dari itu Pemkab Tanjab Barat perlu mempersiapkan sumber daya manusi (SDM ) dan infrastuktur sebagai upaya mengadopsi kemajuan teknologi digital agar kabupaten Tanjung Jabung Barat dapat memanfaatkan kamajuan teknologi digital bagi pertumbuhan ekonomi dan pengingkatan kualitas hidup.


Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan perkembangan ekonomi dari dua tahun lalu di tahun 2021 sampai 2023, kondisi perekonomian kabupaten tanjab barat menunjukkan perkembangan yang baik, kita dapat melihat dari indikator makro kabupaten, dari 1,36 % ditahun 2021 meningkat menjadi 2, 56 % ditahun 2022, selain perekonomian kualitas sumber daya manusia juga mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan nilai indeks pembangunan manusia yang meningkat sebesar 0,63 poin dari tahun sebelumnya menjadi 68, 79, kemudian dari sisi infrastuktur penambahan jaringan listrik di desa-desa kecamatan seberang kota dan kecamatan kuala betara juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya 94,64 menjadi 95, 64 % ditahun 2022.


Selain itu, dari sisi kesehatan penurunan stunting begitu dratis dari prevalensi stunting 19,8 % ditahun 2021 menjadi 9,9 % ditahun 2022. Prestasi penurunan ini mendapatkan penghargaan dari Gubenur Jambi dan Dirjen Bina Bangda Kemendagri R.I, Disisi tata kelola keuangan juga mendapatkan wajar tanpa pengecualian  ( WTP ) atas laporan keuangan sebanyak lima kali. Dibidang olahraga mengalami peningkatan perolehan medali. Dibidang ke agamaan seperti MTQ juga mengalami peningkatan.


Selanjutnya Bupati berharap, peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanjung Jabung Barat ke 58 tahun ini dapat menjadi suatu momentum dan evaluasi bagi kita semua terutama para pemangku kepentingan untuk terus melakukan perubahan dan perbaikan dalam segala aspek.


Usai pelaksanaan upacara, Bupati bersama SKK Migas dan PetroChina International Jabung Ltd menandatangani MOU Dukungan Aktif terhadap Pembangunan Daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Penandatanganan PKS Pemberian Beasiswa untuk Siswa Miskin dan Siswa Berprestasi , Sekaligus penyerahan beasiswa serta santunan Kematian dari BPJS Ketenaga kerjaan.(Red-SP.ID/J.S/Lingga).