KABUPATEN TOBA IKUTI LOMBA IVA TEST TINGKAT PROVINSI -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

KABUPATEN TOBA IKUTI LOMBA IVA TEST TINGKAT PROVINSI

Kamis, 10 Agustus 2023




Toba (10/8/23) Sumutpos.id:Mewakili  Kabupaten Toba, Kecamatan Silaen mengikuti Lomba Tingkat Propinsi Kategori Iva Test, karena Kecamatan Silaen adalah BINAAN Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK ) Toba. 

Mengikuti  lomba Iva Test tingkat Provinsi Sumatra Utara (Sumut), ini menjadi kesempatan dan kebanggaan tersendiri, bagi TP-PKK Toba, terkhusus TP-PKK Silaen.



Adapun Inspeksi Visual Asam Asetat yang disingkat dengan IVA, merupakan pemeriksaan kesehatan bagi kaum perempuan, untuk menghindari atau mencegah kanker serviks.


Saat ini, lomba Iva Test sudah masuk tahap penilaian evaluasi. Tahap evaluasi sendiri dilaksanakan pada Rabu (9/8/23) di Puskesmas Kecamatan Silaen yang dihadiri langsung oleh pengurus TP- PKK Provinsi Sumut dari Medan. 



Kegiatan evaluasi ini dimulai dengan sambutan Camat Silaen. Dalam sambutannya, Camat Moses S. menyampaikan ucapan terima kasih kepada TP- PKK Kabupaten Toba yang telah mempercayakan Kecamatan Silaen sebagai dampingan PKK kabupaten. 


Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tim PKK. Silaen yang telah berjibaku dan bahu-membahu melaksanakan Inspeksi visual asam asetat (IVA) test ini. 

Terimakasih kepada seluruh tim, yang telah berusaha dan melakukan sosialisasi dan selalu mengajak masyarakat agar melakukan pelayanan Iva Test ke Puskesmas Silaen," ujar camat. 


Sekretaris  satu (1) TP-PKK Kabupaten Toba Ny. Melati Simalango dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada tim TP-PKK Provinsi yang telah memberikan kesempatan kepada Kecamatan Silaen, untuk dapat melanjutkan kegiatan hingga tahap evaluasi Iva Test. "Semoga Kecamatan Silaen menjadi juara," ujar Ny. Melati Simalango.



Tak ketinggalan, Deliana juga menyampaikan ucapan selamat kepada TP- PKK. Silaen yang dapat melanjutkan ke tahap evaluasi lomba Iva Test. "Semoga acara dapat berjalan dengan baik dan hasil yang memuaskan," katanya mewakili tim evaluasi provinsi sumut. 


Ketua TP-PKK Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi Bupati Toba, Poltak Sitorus  juga hadir disela-sela kegiatan yang sedang berlangsung. 


Pada kesempatan itu, Ny. Rita Marlina  memberikan semangat kepada ibu-ibu TP-PKK Kecamatan Silaen yang telah bekerja sama dengan baik dan memberikan hasil yang terbaik di kegiatan Iva Test ini. 


Apapun hasil dari perlombaan Iva Test, intinya kita TP-PKK Kabupaten Toba, dan TP-PKK Kecamatan Silaen telah memberikan usaha yang terbaik, dan yang paling penting ibu-ibu di Kecamatan Silaen sehat semuanya," katanya. 


Sementara Bupati Toba, Poltak Sitorus yang juga  menyapa masyarakat yang mengikuti Iva Test. menyampaikan bahwa kesehatan adalah hal paling penting  bagi semua kaum perempuan, yang terpenting agar semua wanita di sini harus sehat , dan paling penting lagi menjaga pola makan, seru Bupati. 


Terpisah Kadis Kesehatan Kabupaten Toba, dr. Freddi S. Sibarani mengatakan kepada wartawan bahwa Iva test ini berhasil karena kerja keras TP-PKK. yang bekerja sama dengan berbagai pihak, capaian pemeriksaan IVA Test di Kecamatan Silaen telah mencapai target  lebih dari 100%, kata dokter mengakhiri.(Red-SP.ID/DS)