Bupati Toba Hadir Dalam Giat Pekan Inovasi & Investasi Sumatera Utara -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Toba Hadir Dalam Giat Pekan Inovasi & Investasi Sumatera Utara

Kamis, 25 Mei 2023

 


Toba (25/5/23)Sumutpos.id:Bupati Toba, Poltak Sitorus, hadiri dalam acara Pembukaan Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara (PIISU) ke-9 Tahun, yang digelar di Istana Maimun, Jalan Brigjend Katamso Medan, Rabu 24/5/23. 


PIISU ke-9, dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, ditandai dengan penabuhan gendang melayu.


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara, Faisal Arif Nasution, menyampaikan PIISU ke-9 tahun ini akan berlangsung selama tiga hari, 24 s/d 26 Mei 2023, dengan tema, "Peningkatan Hilirisasi Pertumbuhan dan Pemberdayaan Kemitraan UMKM Sebagai Stimulus Perekonomian Sumatera Utara".


Lebih lanjut dikatakan, penyelenggaraan PIISU bertujuan, menjadi wadah informasi tentang investasi dan potensi daerah, untuk mempromosikan produk-produk strategis dan potensial serta produk-produk karya kreatif dan inovatif masyarakat, mitra usaha, dan institusi lainnya; sebagai media promosi dan publikasi seni dan budaya; meningkatkan inovasi masyarakat luas di bidang pengembangan iptek, seni, dan budaya, dan meningkatkan perekonomian di Sumut melalui sektor UMKM.


Dalam sambutannya, Edy Rahmayadi meminta Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ini digelar, agar dapat memberikan efek pada masuknya investasi di Sumut, jangan hanya jadi ajang seremonial belaka, seru Gubernur.



Kepada para Konjen dan Konsul yang hadir, Edy juga meminta ide dan kerja sama, yang dapat dilakukan oleh kedua negara yang saling menguntungkan.


Bapak Gubernur juga mengajak seluruh investor dalam negeri  maupun luar negeri untuk dapat mengambil potensi investasi yang ada di Sumut, baik dari infrastruktur, pertanian, peternakan dan juga pangan.




“Begitu banyak peluang dan kerja sama yang dapat kita jalin. Di tahun 2023 ini, pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran sebesar Rp.50 triliun, namun sampai triwulan ini masih 12% yang masuk,” ucap Edy Rahmayadi.


Giat Pekan Inovasi dan Investasi ini diikuti oleh sekitar 70 stan pameran yang diisi oleh Kementerian, OPD Sumut dan Kabupaten/Kota, BUMN BUMD, Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, Perbankan dan juga pelaku usaha.

 PIISU diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya talkshow, presentasi produk, pagelaran busana etnik daerah, fashion show dan acara pendukung lainnya.


Usai acara pembukaan, Gubernur Edy Rahmayadi dan rombongan juga menyempatkan melihat beberapa stan pameran.



Acara ini turut dihadiri Sultan Deli, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho, Konsulat Jenderal (Konjen) dan Konsul Kehormatan Negara Sahabat di Medan, Forkopimda Sumut, Bupati/Walikota se-Sumut, Rektor Perguruan Tinggi, Kadin Sumut, OPD Sumut, para pengusaha yang mengikuti pameran, dan undangan lainnya.(Red-Sp.Id/DS)