KABUPATEN TOBA RAYAKAN HUT KE-24 DENGAN SEDERHANA -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

KABUPATEN TOBA RAYAKAN HUT KE-24 DENGAN SEDERHANA

Jumat, 10 Maret 2023

Balige (8/3/23)Sumutpos.id:Bertempat di lapangan Sisingamangaraja, Rabu 9 Maret 2023 Pemkab .Toba merayakan hari jadi yang ke-24 dengan sederhana,  berdiri pada tanggal 9 Maret 1999 hasil pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba sudah banyak mengalami perubahan, di usia yang ke-24 tahun ini, Pemkab. Toba telah banyak merima penghargaan dari Pemerintah Pusat, maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, salah satunya penghargaan WTP Enam kali (6) berturut-turut. 


Bahkan di bawah pimpinan Bupati Ir. Poltak Sitorus Pemerintah Kabupaten Toba meraih  berbagai penghargaan yaitu : 

-Penghargaan KPK RI tahun 2022 atas apresiasi program pemberantasan korupsi terintegrasi di Provinsi Sumatera Utara dengan rasio kenaikan penerimaan pajak tertinggi tahun 2021.



-BKN Award 2022 untuk kategori perencanaan kebutuhan dan mutasi kepegawaian. 

-Penghargaan Indonesia Visionary Leader ( IVL) 2022.

-Penghargaan Exceptional Regional Investment Straegi, kategori Driving Investment Growth tahun 2022. dan 

-Siswa Kabupten Toba meraih juara umum dengan perolehan 9 medali emas, 18 medali perak, dan 19 medali perunggu di ajang junior science olimpiade se- Sumatera bagian Utara pada 15 November 2022.


Perubahan signifikan yang dapat masyarakat rasakan juga terjadi dalam bidang pertanian, karena Pemerintah Kab.Toba telah melakukan terobosan dengan mengirim petani toba studi banding ke daerah yang mapan  pertaniannya dengan tujuan petani toba lebih dibekali cara moderen untuk bertani. 



Dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemkab Toba melalui bidang PARAWISATA akan bekerja lebih extra karena parawisata adalah bidang yang menjadi andalan yang di harapkan menjadi motor penggerak ekonomi. Dengan hadirnya touris lokal maupun touris luar negeri ke Toba akan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui transaksi jual beli yang otomatis menggeliatnya ekonomi warga toba. Pagelaran F1H2O yang dilaksanakan pada 24-26 Februari yang lewat salah satu wadah untuk mendatangkan touris ke Toba. 


Hal ini disampaikan Ir. Poltak Sitorus saat memberi kata sambutan dan saat bincang-bincang dengan awak media ini pada perayaan HUT ke -24 Kabupaten Toba.


Pada perayaan kali ini Pemerintah Kabupaten Toba di bawah pimpinan Bupati Poltak Sitorus mengusung thema BERSAMA KITA WUJUDKAN KABUPATEN TOBA UNGGUL dan BERSINAR, thema ini akan diwujudkan dengan sub thema Meningkatkan Kolaborasi, Inovasi, Kreatifitas untuk Percepatan Pembangunan. 


Mari kita bersama-sama membangun Toba ini, kolaborasi eksekutif dan legeslatif yang harmoni dan mantap akan dapat mempercepat pembangunan. Eksekutif tidak bisa kalau sendiri demikian pula legeslatif, kata Bupati. 



Di hadapan awak media saat konfersi pers Bupati Toba Ir.Poltak Sitorus, Sekda Toba Augus Sitorus bersama Ketua DPRD Toba Efendi Napitupulu SH.dan Wakil ketua DPRD Candrow Manurung seia sekata untuk meningkatkan kolaborasi agar visi misi Pemerintah Kabupaten Toba dapat terealisasi dengan baik, sehingga Toba benar benar Unggul dan Bersinar. 


Acara HUT Toba ini dirangkai dengan berbagai kegiatan, yakni Seni Tari Tortor, parade hasil pertanian dari setiap kecamatan dan hiburan dari artis Toba. Tak lupa sebagai umat beragama perayaan hari jadi Kabupaten Toba diawali dengan ibadah yang di bawakan Pdt. Jon Edi Anto Purba sebagai pimpinan GMI distrik 10 wilayah I.


Pendeta Jon E. A. Purba saat berkotbah membawa renungan dari Surat Paulus yang tertulis dalam Kolese 3 ayat 23 dengan bunyi APAPUN JUGA YANG KAMU PERBUAT, PERBUATLAH DENGAN SEGENAP HATIMU SEPERTI UNTUK TUHAN DAN BUKAN UNTUK MANUSIA. Ayat firman Tuhan  ini jadi penekanan Bapa Pendeta untuk dapat mencapai dan berhasilnya Toba Unggul dan Bersinar, maka kita harus bergandengan tangan serta memiliki sinergitas untuk menghasilkan harmoni dalam kebersamaan, dimana pemerintah dan masyarakat harus membangun kepercayaan bersama, dan kiranya pemerintah membuka diri agar dapat di dukung rakyat. Dengan membuka diri dan Informasi yang terbuka dapat menumbuhkan kepercayaan rakyat dan mampu menciptakan kebaikan serta kemajuan, semua ini jadi keuntungan pemerintah juga, kata Pendeta saat berkotbah. 



Kotbah Bapa Pendeta Jon Purba  diaminkan oleh Bapa Bupati Ir. Poltak Sitorus, dimana kotbah yang terambil dari Kolose 3 ayat 23 benar benar menjawab rasa haus akan kebersamaan dalam kolaborasi, inovasi dan kreatifitas, sehingga pembangunan Kabupaten Toba dapat di percepat. 


Kita tidak bisa bekerja hanya melihat apa yang di lihat mata saja, kita harus bekerja dan bergerak dengan IMAN (FAITH) sebab Toba adalah daerah yang hebat, rakyatnya kritis dan kental akan adat budayanya, sehingga membangun toba harus all out, bergerak dengan cepat, jangan aman di jona nyaman, harus berkarya mengandalkan Tuhan, dan bekerja dalam Iman seru Bupati Poltak Sitorus mengakhiri bincang-bincang kami.(Red-SP.ID/DS)