dr Susanti Dewani Sp.A, Walikota Siantar Terima Aspirasi Para Pemuka Agama Kristen. -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

dr Susanti Dewani Sp.A, Walikota Siantar Terima Aspirasi Para Pemuka Agama Kristen.

Selasa, 07 Februari 2023


Gambar:Foto bersama Walikota bersama Para Pemuka Agama Kristen

Pematangsiantar Sumutpos.id - Walikota Pematangsiantar dr. Susanti  Dewani , Sp,A menyambut kedatangan para pemuka Agama Kristen dan Lembaga Kekristenan yang ada di Kota Siantar di ruang kerjanya pada hari Selasa 7 Februari 2023. Adapun lembaga yang hadir  perwakilan  PGLII (Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga Injili Indonesia), Ketua   Pdt. Dionisius Panomban STh, Seketaris Pdt. Adv. Horas Sianturi SH, MTh, dari Bamagnas ( Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional ) hadir Ketua Pdt. Jhonson Barus M.Th dan Pdt. Hotbin Sihombing STh, Pdt Sariaman Purba.MTh  dan anggota lainnya, PGID (Persekutuan Gereja Indonesia Daerah) Ketua Pdt. Rumanja Purba M.Th Sekretaris Pdt. Asborn Manurung M.Div, MUKI, Pdt. Timothy Sihotang M.Th, dan dari Asosiasi Pendeta Indonesia hadir sekretaris Pdt. Manat Sianturi S.Th dan Pdt. Emile.

Juga Pdt. Bahagia Ginting S.Th, perwakilan dari PGPI ( Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia).


Para Pemuka Agama Kristen sampaikan Aspirasi ke Walikota


Diawal pertemuan dibuka oleh Junaedy Sitanggang dan Pdt. Jhonson Barus, Walikota Pematang Siantar didampingi Asisten 1 Junaedy Sitanggang, Kabag Kesra Amry Hasibuan dan Kaban Kesbangpol Sophie Saragih  menyambut baik usulan bersama Lintas Lembaga Keagamaan Kristen Kota yang disampaikan/dibacakan  Oleh Pdt Horas Sianturi yaitu :


1.  Ketersediaan tanah wakaf masyarakat Kristen agar diadakan oleh Pemerintah Kota karena menjadi kebutuhan yang mendesak

2. Menganggarkan Dana Perjalanan Spiritual ke Yerusalem setiap tahunnya.

3. Memperhatikan dan mengadakan dana pembinaan untuk lembaga-lembaga Kristen.

4. Mengikutsertakan Lembaga-lembaga Kristen dalam Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah baik ditingkat Kecamatan maupun tingkat Kota.

5. Agar Perayaan Keagamaan Kristen di Perbuat oleh Lembaga-lembaga dan Perwakilan Gereja di Kota Siantar.

6. Agar Walikota hadir dan memberikan ucapan selamat dalam semua kegiatan perayaan semua agama di kota Pematangsiantar.

7. Pemerintah kota menghiasi dan membuat ornamen-ornamen keagamaan dalam setiap perayaan dari semua agama.

8. Kaderisasi FKUB agar diperhatikan dari utusan lembaga-lembaga keagamaan. 

9. Perhatian terhadap para pendeta sehubungan dengan pembinaan terhadap warga gereja dalam mengurangi tingkat kejahatan di kota Pematangsiantar.



Dalam penyampaiannya,  Ibu dr. Susanti mengatakan bahwa untuk Pekuburan umum ( TPU ) Pemerintah Kota sudah mengupayakan dengan Koordinasi baik dengan BPN juga PTPN IV dan mudah-mudahan bisa segera terealisasikan.  Dana Wisata Rohani diupayakan Tahun ini agar ditampung di PAPBD Kota dan diharapkan agar semua lembaga-lembaga Kristen kota Pematangsiantar membuatkan proposalnya segera dan selanjutnya Pemko  sepakat Perayaan Natal Oikumene akan dikembalikan menjadi Kegiatan Gereja dan Lembaga-lembaga Kristen di kota Siantar, dari Semua usulan tersebut Walikota menerima dan mengupayakan realisasinya.

Namun Ibu Wali dr. Susanti juga berpesan dan berharap agar peran serta para pemuka agama Siantar baik dari kalangan Kristen agar turut peduli dalam menyikapi meningkatnya peredaran narkoba di Kota Pematangsiantar,  yang mana sekitar 70 persen meningkatnya kejahatan dipicu oleh keterikatan dari pada para pencandu narkoba. 


"Tolong Pak Pendeta agar lebih meningkatkan Pembinaan untuk anak-anak kita agar tidak terpengaruh dengan Penyalahguna Narkotika, paling tidak kita bersama-sama bisa mengurangi Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba dikota kita ini "sebut Ibu Walikota.

Sesuai pertemuan tersebut, diadakan foto bersama didepan kantor Walikota.(Red-SP.ID/Bg Lahi)