TurunTangan Jakarta Tunjukkan Bukti Kepedulian Dengan Beragam Kegiatan Respon Pasca Bencana Untuk Penyintas Gempa Bumi di Daerah Cianjur -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

TurunTangan Jakarta Tunjukkan Bukti Kepedulian Dengan Beragam Kegiatan Respon Pasca Bencana Untuk Penyintas Gempa Bumi di Daerah Cianjur

Jumat, 16 Desember 2022




Jakarta, Indonesia – 12 Desember 2022 – TurunTangan Jakarta menyelenggarakan beragam kegiatan respon pasca bencana untuk memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat penyintas sesuai dengan data assessment sebelumnya. Pada tanggal 11 Desember 2022, lembaga humanis yang juga berfokus pada bidang respon pasca kebencanaan ini berinisiatif menyelenggarakan kegiatan di salah satu daerah yang terisolir, yaitu Kampung Pasir Cau Kulon, Desa Sukaja Kecamatan Cugenang. Lokasi tersebut menjadi perhatian TurunTangan Jakarta karena menjadi salah satu lokasi yang memiliki akses mobilisasi yang sempit dan dikelilingi oleh lahan sawah yang membentang luas sehingga alat berat dan mobil bantuan logistik belum mendatangi Kampung Pasir Cau Kulon, serta masih banyak daerah-daerah yang mengalami kerusakan yang lebih berat. Masyarakat yang mayoritas menjadi petani juga mulai tercekik dengan semakin sedikitnya pasokan air bersih dari mata air, membuat mereka terpaksa menggunakan air empang di depan rumah untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup, akan tetapi hal tersebut justru menimbulkan permasalahan baru di faktor Kesehatan yang menimbulkan penyakit kulit. Nutrisi yang didapatkan masyarakat juga tidak terpenuhi dengan baik karena pasokan makanan sehari-hari juga sulit mereka dapatkan. Berbagai permasalahan lainnya seperti anak-anak yang kesulitan sekolah, pembuangan hajat yang kurang baik, beberapa hasil panen yang tercemar limbah rumah tangga hingga trauma bayangan gempa bumi yang terus menghantui terus menjadi momok ketakutan bagi mereka.

Maka dari itu pada tanggal 10-11 Desember 2022, TurunTangan Jakarta menyelenggarakan kegiatan psikososial untuk anak-anak dalam memberikan penyembuhan trauma, pelayanan kesehatan dan penyaluran obat-obatan, kegiatan mengaji dan belajar bersama setelah menunaikan ibadah shalat maghrib, pengadaan dapur nutrisi untuk memberikan susu dan jus buah kepada seluruh penyintas baik dewasa maupun anak-anak, serta pemenuhan sebagian kebutuhan hidup masyarakat yang sesuai dengan hasil assessment. Lalu, sosialisasi tas siaga bencana juga diselenggarakan guna memberikan mitigasi kepada masyarakat sehingga mereka siap untuk bertahan hidup saat bantuan belum datang dan memudahkan mereka saat evakuasi menuju tempat aman jika terjadi gempa susulan.


Tidak hanya pengadan kegiatan di satu lokasi, TurunTangan Jakarta juga mengadakan kegiatan respon pasca bencana di beberapa daerah lainnya yang kurang mendapatkan bantuan ataupun sorotan. Pada tanggal 11 Desember 2022, Gerakan Kerelawanan ini juga mengadakan kegiatan seperti di lokasi sebelumnya untuk 5 tenda penyintas gempa di RT. 03 RW. 07, Desa Nagrag, Kecamatan Cianjur. Lalu, mereka menyisir tenda-tenda lainnya untuk memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan obat serta pengalokasian bantuan kebutuhan hidup untuk 6 tenda di RT.02 RW.05, Desa Rancagoong Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.


Melalui kegiatan ini, TurunTangan Jakarta ingin membantu pemerintah untuk memulihkan kondisi masyarakat. Uluran tangan satu sama lain juga perlu di daerah-daerah yang kurang tersorot sehingga seluruh masyarakat mendapatkan bantuan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penyintas. Pemberdayaan masyarakat juga harus terus dikembangkan baik dari seluruh faktor dasar kehidupan dalam upaya membentuk masyarakat Cianjur yang lebih tangguh dan kembali pulih.



Tentang TurunTangan Jakata


TurunTangan adalah inkubasi kepemimpinan pemuda melalui gerakan sosial kerelawanan yang berupaya mendorong setiap orang untuk melatih jiwa pemimpin di dalam diri dengan menggerakkan muda-mudi untuk bersama-sama menyelesaikan problematika sosial. TurunTangan Jakarta sebagai salah satu gerakan sosial yang berfokus di DKI Jakarta yang secara khusus bergerak pada bidang pendidikan politik, sosial kemanusiaan, kesehatan dan lingkungan. Relawan-relawan TurunTangan berperan sebagai katalisator perubahan sosial, yang membantu memecahkan permasalahan di masyarakat, menciptakan perubahan berkesinambungan, dan mewujudkan Indonesia yang lebih berintegritas. (Red-SP.ID/TIM 01)


Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web https://turuntangan.id/ atau official Instagram @turuntanganjakarta