Komisi Kepolisian Nasional RI (Kompolnas RI ) Kunjungi Mapolres Dairi Dalam Rangka Penilaian Kompolnas Award 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Komisi Kepolisian Nasional RI (Kompolnas RI ) Kunjungi Mapolres Dairi Dalam Rangka Penilaian Kompolnas Award 2022

Kamis, 01 Desember 2022

Sidikalang-Dairi,sumutpos.id: Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM melalui kasi Humas Polres Dairi ketika dihubungi awak media melalui sambungan selulernya membenarkan tentang kedatangan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Award tahun 2022 yang berkunjung ke Mapolres Dairi, Sumetera Utara, pada Kamis siang 01/12/22 untuk melakukan konfirmasi faktual akan data dan informasi yang disajikan tentang kinerja Polres Dairi selama dua tahun terakhir.


 

Tim Kompolnas RI dipimpin langsung Komisioner Kompolnas H.Mohammad Dawan, SH,MH, didampingi Kepala Sekretariat Kompolnas Brigjen Pol. Musa  Tampubolon, SH, SIK, MSi, James Leonardo Djoni (Juri Independen), Flamanda Jeine Tampomuri, S.Pd, MSi (Konten Creator Kompolnas) dan Desy Krismayanti S.Sitio.

dan setibanya di mako polres Dairi Tim Kompolnas disambut oleh Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahmn, SH, SIK, MM, Bupati Dairi Dr Eddy KA Berutu, Dandim 0206 Dairi Letkol Arh Ridwan B Sulistyawan, SIP dan Forkopimda serta Tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dengan pemberian ulos kepada Tim Kompolnas RI.

 


Nominasi  Kompolnas Award bertujuan untuk pemberian penilaian Kompolnas atas kinerja Kepolisian dalam melaksanakan tugas pokok fungsi sesuai amanah UU Nomor 2 tahun 2002 tetang Kepolisian Republik Indonesia.


 

Tugas Polri berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.



"Kompolnas melaksanakan fungsi pengawasan fungsional terhadap kinerja Polri untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri. Dan Kompolnas Award ini bertujuan memberikan reward kepada tingkat satuan kepolisian atas kinerja satuan tingkat polres dan polsek  ujar M Dawan dalam paparannya di Aula Mapolres Dairi, Sidikalang, Kamis (1/12/2022). 



Dawan menjelaskan, Kompolnas mempunyai dua tugas pokok yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

"Tugas Kompolnas membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Polri dan memberikan pertimbangan kepada Presiden.



Kehadiran Tim Juri Kompolnas Award 2022 untuk melakukan pendalaman dan penilaian langsung dengan melakukan dialog yang melibatkan pemangku kepentingan, Forkopimda, DPRD, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ormas, Penggiat Media Sosial termasuk Media Massa.

 


Sebelum dialog dimulai, Kapolres Dairi, AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM memaparkan kondisi terkini Harkamtibmas dan terobosan kinerja  Polres Dairi dalam hal pelayanan publik.



Diketahui, sesuai aturan perundang-undangan tugas Polri berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Sembilan Program Quick Wins Presisi Masuk Kategori Penilaian.

Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, MSi membuat program 'Quick Wins Presisi' demi meningkatkan kembali kepercayaan publik terhadap Polri dan Dengan adanya program Quick Wins Presisi ini pelayanan publik juga akan semakin optimal. 



Dalam Kompolnas Award salah satu kinerja kepolisian yang dinilai adalah aplikasi Quick Wins Presisi, yaitu; meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui media Sosial, optimalisasi pelayanan publik, pengembangan SDM unggul, perbaikan interaksi polisi dengan masyarakat di jalan atau area publik, optimalisasi pemolisian masyarakat, penguatan kerjasama dengan pihak eksternal, penerapan budaya integritas dan anti korupsi, respon problem akut dan digitalisasi penegakan hukum lalu lintas.


Untuk diketahui, diseluruh Republik Indonesia terdapat 501 Polres. Dan di Jajaran Polda Sumut terdapat 28 Polres. Dimana yang masuk nominasi Kompolnas Award 2022 hanya 2 Polres, yaitu, Polres Dairi dan Polres Tanah Karo. 


Selain penilaian di Tingkat Polres, Kompolnas Award juga menyasar kinerja Kepolisian Sektor (Polsek).

Polsek Sidikalang, satu dari 7 jajaran polsek di Polres Dairi, yang ternyata masuk nominasi penilaian Dewan Juri.


 

"Ya Selain Polres Dairi, Polsek Sidikalang juga masuk dalam nominasi penilaian. Besok, tanggal 5 Desember, Tim Dewan Juri akan rapat untuk menentukan penilaian Kompolnas Award yang akan diumumkan tanggal 8 Desember 2022 di Jakarta," ujar Dawan.


 

Sementara Kapolres Dairi, AKBP, Wahyudi Rahman, saat paparan laporan kinerja program Quick Wins Presisi ke Tim Juri, sangat lengkap dan kongkrit, Data dengan visualisasi dipertunjukkan, hingga membuat para hadirin terkesima dan bangga atas prestasi kinerja Polres Dairi.


Kapolres juga memperkenalkan Alfiero B Kudadiri (11) anak kelas 5 SD, pemenang lomba menulis tentang "Setapak Perubahan Polri", dan mengirimkan surat kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kemudian Alviero B Kudadiri yang mendapatkan juara 3 Nasional kategori SD menerima penghargaan tersebut di Jakarta pada tgl 24 juni 2022 yg lalu.



Setelah melakukan dialog dengan pemangku kepentingan, terlihat Tim Juri Kompolnas melakukan peninjauan terhadap fasilitas pelayanan publik di Mapolres Dairi dan juga meninjau Kantor Polsek Sidikalang.  

Terlihat Kombes Pol. Wahyu Kuncoro dari Polda Sumut turut mendampingi Tim Kompolnas.


 

Turut hadir dalam pertemuan itu, Bupati Dairi, Forkopimda, Ketua PN Sidikalang, Perwakilan Kejari Sidikalang, Komandan Distrik Militer 0206/Dairi, Letkol Arh. Ridwan Budi Sulistyawan, SIP, DPRD Dairi, Manat Sigalingging, para Kepala SKPD , Tokoh Adat, Tokoh Pemuda/Ormas dan Penggiat Media Sosial dan kalangan jurnalis.(red.sp.id.cs)