Tekan Inflasi, Pemkab Dairi Siap Kerjasama Dengan Pemko Medan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Tekan Inflasi, Pemkab Dairi Siap Kerjasama Dengan Pemko Medan

Kamis, 20 Oktober 2022

Medan-sumutpos.id:Pemerintah Kabupaten Dairi bersiap jalin Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Pemerintah Kota Medan. KAD tersebut dilakukan sebagai upaya pengendalian inflasi daerah.


Bupati Dairi Eddy Berutu, mengatakan, perjanjian kerjasama antar daerah ini untuk pengendalian inflasi daerah.


“Hari ini di Balai Kota Medan, kepada Walikota Medan bapak Bobby Nasution, saya sudah memaparkan kesiapan Pemkab Dairi untuk pemenuhan kebutuhan pangan,” kata Bupati Eddy Berutu, Selasa (18/10/2022) di Medan.



Eddy Berutu menjelaskan, dalam pertemuan itu, mengaku bangga diberi kepercayaan Pemko Medan untuk mengendalikan inflasi sesuai arahan Presiden RI.


“Kami berharap ini bisa difinalkan. Saya percaya apa yang dilakukan ini akan memberikan inspirasi bagi daerah lain,” jelas Bupati Dairi.


Menurut Eddy Berutu, Pemkab Dairi sudah menyiapkan lahan untuk memproduksi holtikultura di Kecamatan Parbuluan. Kata dia, lahan itu tidak hanya ditanami cabai saja tapi juga bawang merah, kubis dan kentang.


“Lahannya sangat strategis, dekat dari Bandara. Di sana sumber air sangat mendukung. Kita juga sudah mempersiapkan rencana produksi sampai tahun 2025. Lahan itu juga sudah ditanami para petani dan petani wajib menjadi anggota koperasi,” paparnya.


Sementara itu, Walikota Medan, Bobby Nasution, didampingi Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman beserta pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemko Medan mengatakan, KAD ini dilakukan untuk menindak lanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo agar Pemerintah Daerah dapat menekan angka inflasi di bawah 5 persen.


“Kami coba menindaklanjuti instruksi Bapak Presiden dengan ikut mengendalikan inflasi, terutama di bidang pangan. Salah satu solusi yang dilakukan menjalin kerjasama dengan daerah penghasil komoditi pangan di Sumut, salah satunya Kabupaten Dairi,” kata Bobby Nasution.


Diungkapkan Bobby, ketika Kepala Daerah diundang Presiden beberapa waktu lalu terkait pengendalian inflasi, dirinya bersama Bupati Dairi telah berdiskusi bagaimana mengendalikan inflasi secara langsung yang bisa dilakukan Pemko Medan dan Pemkab Dairi.


“Pak Bupati Dairi berkenan memberikan kita lahan untuk bisa ditanami petani Dairi dengan kepastian off taker adalah masyarakat Kota Medan melalui Pemko Medan. Kita menunjuk PUD Pasar Kota Medan yang nanti akan melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan koperasi pertanian di Dairi,” ungkapnya.(Red-SP.ID/CS)