Tim Gabungan Ditres Narkoba dan Polres Labuhanbatu Ungkap Peredaran Narkotika, Amankan 24 Kg Sabu -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Tim Gabungan Ditres Narkoba dan Polres Labuhanbatu Ungkap Peredaran Narkotika, Amankan 24 Kg Sabu

Senin, 01 Agustus 2022

Labuhanbatu-Sumutpos.id: Keberhasilan Tim gabungan Ditres Narkoba dan Polres Labuhanbatu mengungkap peredaran Narkotika jenis Sabu-Sabu dari perairan Selat Malaka. Dari pengungkapan tersebut berhasil mengamankan dua orang nelayan serta menyita sabu dengan berat Bruto 24 Kg lebih.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti, SIK melalui PA Kasi Humas IPTU Agus E, Senin (01/8/2022), menyampaikan tindak lanjut penyelidikan narkotika sabu di Wilayah Polsek Panai Tengah yang diawali dengan informasi yang beredar di masyarakat adanya tas berisi narkotika ditemukan nelayan di Perairan Sungai Barumun Tanjung Lumba-Lumba Pantai Timur Pulau Sumatera, pada 22 Juli 2022 lalu.

Selanjutnya Personil Polsek Panai Tengah melakukan penyelidikan dengan cara mewawancarai nelayan yang menemukan dan menyewa Boat dua unit lalu menyita 20 bungkus sabu yang disimpan nelayan.

Sejak tanggal 23 Juli 2022 Hingga 31 Juli 2022, Tim Gabungan Polres Labuhanbatu dipimpin Kasat AKP Martualesi Sitepu,Kanit I IPTU Eko Sanjaya,Kanit II IPDA Sujiwo Satrio dengan Tim Ditres Narkoba Polda Sumut dipimpin Kanit II Subdit II AKP Abdi Harahap melakukan penyelidikan secara intensif dan berhasil mengamankan dua tersangka AS (37) warga Dusun IV Desa Sei Merdeka Kecamatan Panai Tengah Labuhanbatu dan JI (46) Tahun warga Dusun IV Desa Sei Merdeka Kecamatan Panai Tengah.

Dari pengembangan ke dua tersangka ini akhirnya dapat disita lagi 4 Bungkus Narkotika Sabu yang telah disimpan di plastik asali hitam berat 3.603,34 Gram. Dan oleh kedua tersangka mengakui perbuatannya sengaja mencari tas berisi sabu setelah mendapat informasi dari kawan-kawannya yang berprofesi sebagi nelayan, lalu setelah berhasil menjaring,menyimpan dan menyisihkan dan dengan tujuan untuk dijual nantinya sebagai modal buat usaha. 

Kedua tersangka dipersangkakan melanggar pasal 112 Ayat 2 UU RI NO 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara

Terhadap kedua tersangka masih dilakukan terus pengembangan Tim Gabungan Ditres Narkoba Dengan Polres Labuhanbatu, seperti disampaikan Kapolres Labuhanbatu AKBP Anhar Arlia Rangkuti,SIK melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu didampingi KBO IPTU Elimawan Sitorus, Kanit I IPTU Eko Sanjaya,Kanit II IPDA Sujiwo Satrio, Kaurmintu IPDA CH.Suhartono.

Dengan berhasilnya disita 24 Kg lebih berat bruto sabu telah menyelamatkan anak bangsa 2,5 juta jiwa dari kecanduan narkotika jika diasumsikan 1 gram dipergunakan oleh 10 Orang.

Adapun barang bukti yang disita dari kedua tersangka yaitu Satu Tas Besar Warna Biru berisi 20 Bungkus Sabu berat 19.255,4 Netto, 1 Plastik berisi 4 Bungkus Narkotika sabu berat 3.603,34 Gram Netto, Satu plastik klip berisi sabu 2,5 Gram Netto dan Satu Unit Sampan kayu bermesin dompeng 6 PK,satu gulung jaring ikan adalah alat yang dipergunakan kedua tersangka.(Red-SP.ID/SS)