Polres Dairi Lakukan Pemantauan dan Monitoring Terhadap Hewan Kurban Dalam Rangka Idul Adha 1443 H Agar Terhindar Dari Penyebaran Virus PMK -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Polres Dairi Lakukan Pemantauan dan Monitoring Terhadap Hewan Kurban Dalam Rangka Idul Adha 1443 H Agar Terhindar Dari Penyebaran Virus PMK

Saturday, July 9, 2022

Dairi-Sumutpos.id:Kapolres Dairi Akbp Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM melalui Kasat Reskrim Polres Dairi Akp Rismanto J Purba, SH, MH, MKn mengatakan personil Satreskrim yg dipimpinnnya bersama drh Citra Cibro staf peternakan  dari dinas pertanian Dairi telah melaksanakan pantauan serta monitoring terhadap hewan Sapi dan Kambing yang akan dikurbankan pada peringatan Hari raya Idul Adha 1443 H tahun 2022 Masehi, adapun pemantauan serta monitoring ini dilakukan agar hewan tersebut terhindar dari virus PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) sehingga masyarakat tidak merasa cemas atau waswas terhadap hewan yg akan dikurban kan.

Pemantauan dan monitoring ini dilakukan pada hari sabtu siang 9/7 dilokasi mesjid Agung kecamatan sidikalang, mesjid kuta maha kecamatan siempat nempu hulu kabupaten Dairi serta lokasi peternakan milik Anto Maha di desa mahabunga kecamayan siempat nempu hulu Kabupaten Dairi.
Adapun Giat Tim Pemantauan dan monitoring adalah sebagai berikut 
Melakukan pengecekan kesehatan terhadap hewan kurban perihal terindikasi Virus PMK.

Mengatakan jumlah dan asal hewan yang akan dikurbankan.
Terkait hewan yang berasal dari luar Kab. Dairi diminta surat keterangan tidak terindikasi Virus PMK 

dari hasil pemantauan dan monitoring tersebut, didapatkan hasil 
Dipeternakan milik Anti Maha terdapat 6 ekor sapi yang akan di jadikan kurban di mesjid sekitar Kab. Dairi dalam keadaan sehat dan layak untuk di kurbankan.

Di Mesjid Kuta Maha Kec. Sempat Nempu Hulu Kab. Dairi terdapat 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat dan layak untuk di kurbankan.

Di Mesjid Agung, Jln. Sisingamangaraja Kec. Sidikalang Kab. Dairi terdapat 5 ekor sapi dan ekor kambing yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat dan layak untuk di kurbankan.
Berkoordinasi dengan panitia kurban di masing masing Mesjid. 
Sehingga dengan hasil pemantauan dan monitoring tersebut diambil kesimpulan sebagai berikut 
Hingga saat ini, hewan yang akan di kurbankan dalam keadaan sehat dan terhindar dari Virus PMK 

Hingga saat ini, belum ada hewan kurban yang datang dari luar Kab. Dairi / lokal.
Demikian Rismanto mengakhiri keterangannya.(Red-SP.ID/CS)