Pernyataan Khenoki Waruwu Saat Diwawancarai Sejumlah Wartawan di Bandara Binaka Gunungsitoli -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pernyataan Khenoki Waruwu Saat Diwawancarai Sejumlah Wartawan di Bandara Binaka Gunungsitoli

Jumat, 20 Mei 2022

(Image/gambar):Bupati Nias Barat berdialog dengan sejumlah wartawan hendak keluar dari Bandara Gunungsitoli

Nias-Sumutpos. Id:Pada saat syukuran pasca pelantikan kami (Khenoki Waruwu dan Dr. Era era Hia, MM.,M.Si), saya mengajak seluruh jajaran Kabupaten Nias Barat untuk berlari 70 km/jam mengejar ketertinggalan dan bertekad untuk memperbaiki tata kelola Pemerintah Nias Barat.

Hal itu disampaikan Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu kepada wartawan ketika diwawancarai di Bandara Binaka-Gunungsitoli, Kamis (19/05/2022 ).

Ia mengatakan petunjuk dan kesungguhan kerja telah ditunjukan oleh seluruh ASN Lingkup Pemkab Nias Barat.

"Apa yang saya sampaikan telah diterjemahkan dengan baik oleh seluruh jajaran Pemkab Nias Barat baik ASN maupun PTT buktinya LHP LKPD Nias Barat Tahun 2021 mendapat opini WTP dari BPK Perwakilan Sumut"ujarnya.

Ditegaskannya, bahwa tanpa kerjasama dari semua pihak, tanpa ASN opini WTP tersebut tidak dapat dicapai.

Untuk diketahui, WTP adalah opini audit tertinggi dari BPK terkait pengelolaan anggaran di kementerian atau lembaga negara dimana opini ini diterbitkan jika laporan keuangan dianggap telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

Kemudian opini tersebut erat hubungannya dengan dana insentif daerah (DID),seperti  dikatakan oleh Forum Indonesia untuk Transparansi (FITRA) dalam kompas.com (28 April 2022) bahwa tidak semua daerah mendapatkan DID kecuali yang punya inovasi tertentu dan memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya adalah WTP dan penetapan APBD yang tepat waktu, makanya kepala daerah berlomba lomba untuk meraih opini WTP itu sebagai prasyarat untuk mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat.(Red-SP.ID/FH)