Peringati Hardiknas, Guru & Siswa Berprestasi Toba Dapat Penghargaan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Peringati Hardiknas, Guru & Siswa Berprestasi Toba Dapat Penghargaan

Jumat, 13 Mei 2022

Peringati HARDIKNAS Pemkab Toba Memberi Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan Kepada Guru dan  Siswa Berprestasi

 

Balige-Sumutpos.id:Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Toba Tahun 2022, digelar pada hari Jumat, 13 Mei 2022, bertempat di lapangan kantor Bupati Toba, diikuti oleh Forkopimda, perwakilan BUMN, BUMD, perusahaan swasta, perwakilan guru dan siswa SMP dan seluruh pejabat eselon II, III, IV, dan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba.


Bupati Toba, Poltak Sitorus selaku inspektur upacara membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim.

Poltak Sitorus menyampaikan keinginan Mendikbud Ristek, agar anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri.

"Karena itu, kemendikbud ristek secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar," sebutnya.

Menurutnya, krisis pandemi ini adalah ladang optimisme yang menunggu untuk kita panen. Saat ini ada sebagian yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka secara terbatas, ada juga yang tengah bersiap tatap muka 100℅.

Dirinya bersemangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus bergerak maju dan melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan.

"Di depan kita masih ada sederet tantangan yang harus kita lalui bersama. Mari kita lalui tantangan itu dengan inovasi dan solusi, kita ciptakan sejarah yang gemilang dan terbentang di dunia," katanya.  

Sebagaimana tema peringatan Hardiknas Tahun 2022, "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar", Poltak Sitorus mengajak masyarakat dan dunia pendidikan bangkit dan bersemangat menyongsong lembaran baru pendidikan Indonesia, khususnya Kabupaten Toba.

"Mari kita bangkit dan semangat untuk pendidikan yang lebih berkualitas dengan merdeka belajar," ajaknya.

Pada kesempatan ini, Pemkab Toba memberikan piagam penghargaan kepada seluruh kepala sekolah, guru, dan siswa berprestasi Toba dari beberapa kategori, diantaranya, guru pembimbing dan siswa peraih medali emas lomba Youth International Science Fair 2022, siswa penulis terbaik versi Gramedia tahun 2022, siswa peraih medali perak lomba Indonesia Youth Student Competition (IYSC) tahun 2022, siswa peraih medali emas dan perak lomba Garuda Sains Indonesia, serta siswa peraih medali emas, perak, dan perunggu Kejuaraan Stok Bina Guru Wushu Open Championship Sumut.

Piagam penghargaan juga diberikan kepada kepala sekolah, guru, dan siswa yang masuk ke SMA Unggul Del Laguboti dan SMA Asrama Yayasan Tunas Bangsa Soposurung Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 5 orang guru non PNS.

Khusus kepada 51 siswa/i yang masuk SMA Unggul Del dan SMA Yayasan Tunas Bangsa, selain menerima medali, juga menerima bantuan biaya pendidikan dari anggota Komisi XI DPR-RI, Sihar Sitorus sebesar Rp.255.000.000,- dan bantuan pendidikan sebesar Rp. 20.000.000,- dari PT. Erlangga.

Piagam penghargaan dan medali diserahkan langsung oleh Bupati Toba didampingi Forkopimda, Sekdakab Toba, para Asisten Setdakab, para Staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Toba, serta perwakilan BUMN, BUMD dan perusahaan swasta.

Usai penyerahan, secara khusus, Bupati Toba Poltak Sitorus menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh guru yang telah bersusah payah menyusun strategi pembelajaran di masa sulit pandemi covid-19, dalam upaya membentuk SDM yang unggul dan handal.

"Adalah kebanggaan Pemerintah Kabupaten Toba, kebanggaan kita bersama atas perolehan prestasi pendidikan Toba yang telah membawa nama harum Kabupaten Toba. (Red-SP.ID/DS)