Diduga Tak Miliki Sideboar Muatan Ribuan Ton Tanah Karak Di PT Tjipta Rimba Jaya -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Diduga Tak Miliki Sideboar Muatan Ribuan Ton Tanah Karak Di PT Tjipta Rimba Jaya

Saturday, April 2, 2022

(Image/gambar):Tampak muatan  ribuan ton tanah karak di Dermaga PT Cipta Rimba Jaya Sicanang Belawan

Belawan- Sumutpos.id:Dermaga khusus Tijpta Rimba Djaya yang berada di Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan kini menjadi sorotan publik, Sabtu (2/4/2022) siang.

Menurut informasi terminal Tjipta Rimba Djaya tersebut merupakan terminal khusus untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) bukan sebagai dermaga umum.

Tampak, PMB Baruna bersama melakukan kegiatan muat tanah karak melalui Dermaga Khusus Tjipta Rimba Djaya diduga untuk menghindar melalui dermaga konvesional Pelabuhan Belawan.

Sementara barang ribuan ton tanah karak tersebut di muat bukan untuk kepentingan PT Tjipta Rimba Jaya.

Selain itu, PBM Baruna Bersama diduga menghindari mengunakan jasa tanaga kerja bongkar muat (TKBM) Upaya Karya dan Otoritas Pelabuhan Belawan.

Informasi berhasil dihimpun, bahwa belakangan diketahui, jika ribuan ton tanah karak tersebut akan dibawa ke kawasan Paluh Kurau Kecamatan Hamparan Perak dan di muat ke dalam tongkang Sun Lion 2 melalui dermaga Pelabuhan Tjipta Rimba Djaya tersebut dengan perusahaan bongkar muat PT PBM Baruna Bersama.

Informasinya, tongkang tersebut tidak boleh muat material tanah karak di karenakan tongkang itu tidak memiliki sideboar (dinding kapal) karena akan membahayakan jika muatan tumpah ke laut.

Bahkan kegiatan muat tanah karak ke tongkang Sun Lion 2 menjadi perhatian masyarakat Belawan khususnya masyarakat Kelurahan Belawan Sicanang.

RJ.Samosir salah seorang warga Kelurahan Belawan Sicanang saat ditemui awak media menjelaskan dirinya tidak mengetahui adanya kegiatan muat tanah karak melalui dermaga Tjipta Rimba Djaya.

“Ia tidak mengetahui bahwa tanah karak itu berasal dari daerah mana dan akan dibawa ke mana. Memang tadi ada saya lihat truk bermuatan tanah mengarah ke Tjipta Rimba Djaya.” terang Samosir.


Kemudian, saat ini belum diketahui secara pasti apakah buruh TKBM Upaya Karya mengetahui tentang aktifitas bongkar muat tanah karak tersebut. Bebernya

Demikian juga, kegiatan tersebut apakan sudah mendapat ijin dari Otoritas Pelabuhan Utama Belawan atau tidak. Tegasnya 

Sementara Kabid LaLa Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Formansyah saat dikonfirmasi wartawan terkait izin kegiatan tongkang muat ribuan ton tanah karak didermaga Khusus Tjipta Rimba Djaya, kemudian apakah  tongkang tanpa dilengkapi Sideboar, hingga berita ini dirilis beliau enggan memberikan komentar.(Red-SP.ID/FIR)