Pemerintah Kabupaten Toba Tinjau Puskesmas Porsea -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemerintah Kabupaten Toba Tinjau Puskesmas Porsea

Tuesday, March 8, 2022

(Image/gambar):Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus memberikan bantuan makanan kepada bayi dan ibu hamil di Puskesmas Porsea

Balige-Sumutpos.Id: Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, bersama Ibu Marlina Sitinjak, tinjau pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Porsea.  Pelayanan tersebut dalam rangka pemberian vaksinasi, pengobatan gratis, dan pelayanan Keluarga Berencana (KB), serta pemberian makanan tambahan bagi bayi dan ibu hamil, bertempat di Puskesmas Porsea, Selasa (8/3/22).

Kepada ibu-ibu yang mempunyai anak balita dan yang sedang hamil,  Bupati berpesan agar menjaga kesehatan tubuh, dan banyak mengkonsumsi makanan sehat dan  makanan bergizi serta vitamin.
Selanjutntya, Bupati berharap pemberian bantuan makanan tambahan ini, dapat menambah nutrisi, dan memenuhi giji ibu hamil, anak yang dilahirkan juga sehat, sehingga lahir generasi yang sehat dan produktif kedepannya dapat tercapai. 

Pada kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus, yang turut mendampingi Bupati, menjelaskan kepada ibu-ibu yang sedang hamil, agar tetap menjaga kesehatan dan menyadari pentingnya air susu ibu (ASI) untuk pertumbuhan anak. 
"ASI adalah nutrisi paling bagus, gizinya lengkap. Ibu-ibu jangan malu kasih ASI ke anak, kalau sayang anak, ayo berikan ASI eksklusif, karena dengan meminum ASI, ikatan batin antara ibu dan anak juga lebih kuat,"kata Ibu Bupati. 

Selama memberikan ASI, makanan harus tetap  dijaga, karena makanan bergizi itu tidak harus mahal, memakan makanan seperti tahu, tempe dan telur, itu makanan bergizi dengan harga terjangkau. Tetaplah berfikir positif, tetap berpengharapan kepada Tuhan, karena kondisi mental ibu akan berdampak terhadap anak yang dikandung. 
Selanjutnya dijelaskan bahwa makanan bayi yang dibagikan adalah makanan tambahan bagi bayi setelah berumur enam (6) bulan, sebelum umur 6 bulan, sebaiknya anak (balita) diberi ASI secara eksklusif. 

Mendampingi Bupati pada kegiatan tersebut, hadir plt. Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Porsea, Kepala Puskesmas Porsea, dan Lurah Porsea.. (Red.Sp.Id/DS)