Akibat Angin Puting Beliung,Atap Rumah Pegangan Laia Rusak Parah -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Akibat Angin Puting Beliung,Atap Rumah Pegangan Laia Rusak Parah

Sunday, March 20, 2022


(Image/gambar): Rumah korban akibat angin puting beliung

Nias Selatan - Sumutpos.id : Akibat angin puting beliung disertai hujan, salah satu rumah warga di Desa Susua, Kecamatan Ulususua, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, atapnya terbang  ke atas rumah tetangga, Minggu (20/03-2022) sekira pukul 15.00 Wib.

Rumah yang dihuni Pegangan Laia (27) alias Ama Rafi Laia dan keluarganya tersebut diketahui merupakan bangunan rumah  Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR)  pasca gempa bumi dan tsunami yang melanda Kepulauan Nias tahun 2005 silam.

Pantauan di lokasi terlihat bahwa atap rumah korban terbang menimpa atap rumah Ama Joe Halawa yang merupakan tetangganya. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah akibat terjadinya kerusakan. 

Rumah milik Pegangan Laia tersebut telah berdiri sekira 17 tahun yang lalu, namun pada hari ini atapnya hancur terbawa angin puting beliung. 

Hingga berita ini layak muat, Muspika Kecamatan belum terlihat di lokasi karena masih suasana hujan deras disertai angin.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Gempa Bumi Sumatra 2005 terjadi pada pukul 23.09 WIB pada 28 Maret 2005. Pusat gempanya berada di 2° 04′ 35″ U 97° 00′ 58″ T, 30 km di bawah permukaan Samudra Hindia, 200 km sebelah barat Sibolga, Sumatra atau 1400 km barat laut Jakarta, sekitar setengah jarak antara pulau Nias dan Simeulue. (Red-SP.ID/FH)