Bersempena Perayaan HPN 2022, Perkumpulan Demokrasi 14 Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bersempena Perayaan HPN 2022, Perkumpulan Demokrasi 14 Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Saturday, February 12, 2022


(Image/Gambar) : Bersempena Perayaan HPN 2022, Perkumpulan Demokrasi 14 Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik.

Medan - Sumutpos.id :
Perkumpulan Demokrasi 14 Gelar Pelatihan dasar Jurnalistik, kegiatan ini sekaligus menyambut dan berkenaan dengan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, yang jatuh pada tanggal (9/2) kemarin. Diselenggarakan di Empatbelas Coffe Jalan Armada No 14 Medan, Sabtu (12/2/2022).


Pelatihan dasar Jurnalistik ini, dibuka langsung oleh Pembina Perkumpulan Demokrasi Empatbelas Sumut, H. Moh Nezar Djoeli dan Muhri Fauzi Hafis. Sementara, Narasumber, yaitu, Hendra Idris S.IP  (Wartawan senior/Pemred Sumutpos.id), Jaffar Sidik (Wartawan senior Mimbar Umum), dan Khairul Pasaribu (Wartawan senior, Hr. Bersama).


Kegiatan pelatihan jurnalistik ini diikuti dari berbagai kalangan muda-mudi yang minatnya untuk menjadi insan pers (jurnalis) sangat tinggi. Dalam acara ini peserta diberikan panduan tentang apa itu UU Pokok Pers 40/1999 dan kode etik jurnalistik oleh panitia, guna memahami tentang Pers.


Salah seorang Narasumber Hendra Idris dalam paparannya, mengatakan, pelatihan ini harus betul-betul dipahami bila kita ingin menjadi seorang insan pers yang handal. Kita harus memahami dalam bekerja sebagai seorang Jurnalis harus berpegang teguh kepada kode etik jurnalistik, agar apa yang kita lakukan dan kita perbuat tidak menyimpang dari UU Pokok Pers Nomor 40, karena dalam bertugas sebagai seorang Jurnalis, kita dilindungi oleh UU, jadi jangan pernah malu dan minder menjadi seorang jurnalis, sebab pekerjaan seorang wartawan juga merupakan profesi yang mulia, kalo Kita menjalankan tugas tersebut dengan benar, ujarnya.


Karena sesungguhnya untuk menjadi seorang Wartawan yang handal itu juga harus banyak membaca buku-buku referensi, karena semakin sering dan banyak membaca, secara otomatis, akan terimplementasi kan dengan bagaimana cara kita berdiplomasi dan juga dalam menulis berita. Semakin banyak kita membaca, wawasan dan pengetahuan umum kita pun akan semakin luas.


Dan dalam teknik mewawancarai seseorang/narasumber, kunci utamanya adalah Kita harus menguasai bahan atau persoalan yang akan kita tanyakan atau kita wawancarai kepada narasumber tersebut, jelasnya lagi.


Sementara, menurut narasumber yang lain Ja'far Siddik, berita adalah informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Dan dalam menuliskan berita tentu harus memahami kaidah kaidah dasar jurnalis yaitu 5W + 1H, tambahnya.


Kegiatan ini berjalan lancar, tampak meriah karena begitu antusiasnya peserta, tanya jawab, sehingga suasana cair, dan dapat dipahami oleh peserta, sebagaimana pantauan wartawan di lokasi acara.


Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Rabu (09/2/2022), secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Puncak Peringatan HPN sendiri dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

(Red-SP.ID/HI/S.03)