Rakor Lintas Sektoral Ops Lilin Toba 2021 Polres Simalungun, Bupati: Pemkab Sangat Mendukung -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Rakor Lintas Sektoral Ops Lilin Toba 2021 Polres Simalungun, Bupati: Pemkab Sangat Mendukung

Selasa, 07 Desember 2021

 

(Image/Gambar) : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat rakor ops lilin Toba 2021.


Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat mendukung Operasi Lilin Toba tahun 2021 Polres Simalungun dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.


Hal itu disampaikan oleh Bupati dalam bimbingan dan arahannya saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) lintas sektor Ops Lilin Toba tahun 2021 Polres Simalungun, bertempat di Posko Covid-19 Kabupaten Simalungun, Jln Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (7/12/2021)


Dikatakan Bupati, pelaksanaan Nataru tahun 2021 sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. "Tahun ini arus pengunjung/mudik diprediksi akan membludak, sebab masyarakat menganggap Covid-19 sudah melandai, ini harus kita waspadai, apalagi ketika di bukannya nanti ruang terbuka publik yang berlokasi di depan Atsari dan Pantai Bebas Parapat"katanya


Untuk mengantisipasi pembludakan arus mudik maupun pengunjung, Bupati meminta kepada instansi terkait untuk saling bersinergi mendukung Ops Lilin Toba tahun 2021 Polres Simalungun ini dalam menyambut Nataru.


Terkait pelaksanaan Vaksinasi, Bupati meminta kepada pimpinan rumah ibadah untuk mendata dan melaporkan jamaahnya yang belum divaksin ke kecamatan untuk mendapat layanan vaksin,  karena hingga Desember 2021 target 70 persen Kabupaten Simalungun harus kita capai. 


Selain itu, dalam rangka menghadapi Nataru, Bupati juga menyampaikan akan membuat larangan penggunaan mercon, petasan dan kembang api. "Kita akan larang itu, dan kami mohon bantuan dan dukungan dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat termasuk MUI dan FKUB,"kata Bupati.


Untuk mengantisipasi daerah yang rawan longsor, Bupati berharap kepada instansi terkait untuk mensiasati dan mengambil langka antisipasi bila terjadi longsor. "BPBD, Dinas Perhubungan, dan Dinas PUPR, bila terjadi bencana longsor harus segera mengambil langkah untuk mengantisipasinya,"tandasnya


Menurut Bupati, Pemkab Simalungun juga melakukan kerjasama dengan pengusaha angkutan melalui program haroan bolon untuk mengatasi kerusakan jalan agar layak jalan. Disamping itu, Pemkab juga melakukan koordinasi dengan Pemprovsu dalam hal ini instansi terkait untuk mengatasi kerusakan jalan di Simalungun. 


"Bila ada masyarakat juga yang turut andil dalam mengatasi kerusakan jalan, kami silahkan, Kata Bupati sembari meninta UPTD BMBK Provsu untuk menyiapkan alat berat dititik-titik rawan lonsor dalam menghadapi Nataru ini. Kita berharap semua bisa sinergi dalam OPS lilin Toba.


"Mari kita bekerjasama untuk menghadapi Nataru ini, supaya Nataru ini berjalan dengan sukses. Kami dari Pemkab Simalungun akan menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar mengurungkan niatnya untuk mudik dalam rangka menghindari penyebaran covid-19, Kami juga siap untuk mendukung OPS lilin toba tahun 2021,"kata Bupati.


Sementara itu, Ketua MUI Simalungun H Abdul Halim Lubis mengatakan, mengahadapi Nataru tahun ini memang beda dan diperlukan sinergitas semua pihak.


Mengenai pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat, Abdul Halim menyampaikan bahwa pihaknya bersama MUI di Kecamatan juga telah melakukan sosialisasi tentang pentingnya Vaksin dimasa pandemi saat ini. "Mari kita terus mensosialisasikannya, tentang vaksin yang membawa efek positif. Kami juga terus menyampaikan ke MUI kecamatan untuk mensosialisasikan pentingnya vaksin,"ujarnya


Dalam rapat itu, para peserta rapat diminta untuk menjelaskan kesiapan dan program yang akan dilaksanakan dalam mensukseskan OPS Lilin Toba Tahun 2021.


Sebelumnya Kasat Lantas AKP Hendrik Aritonang dan Kasat Intel AKP Restuadi Polres Simalungun telah memaparkan daerah-daerah yang diperlukan personil pengamanan dalam mengantisipasi situasi dan kondisi yang terjadi dalam menghadapi Nataru.


Tampak hadir antara lain, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Wakil Bupati H Zonny Waldi, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Kasdim 0207/Sml Mayor Inf Fransisco Sidauruk, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimuda Purba, Plt Kasatpol PP Adnadi Girsang, Plt Kadis Perhubungan Sabar P Saragih, Sekretaris BPBD Manaor Silalahi, mewakili Kadis Kesehatan, Kabag Ops Polres Simalungun Kompol J. Herimon Situmorang, Kapolsek se-jajaran Polres Simalungun dan instansi terkait lainnya. (Red-SP.ID/FIS)