Kolaborasi Bersama Stakeholder, Pemda Tanjab Barat Terus Tingkatkan IPLM lewat Literasi Expo -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Kolaborasi Bersama Stakeholder, Pemda Tanjab Barat Terus Tingkatkan IPLM lewat Literasi Expo

Kamis, 20 Juni 2024

 





Kuala Tungkal, Sumutpos.id - Hadir di aula kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Tanjab Barat, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M.Ag., membuka acara Peluncuran Buku Antologi Cerpen, Puisi Cerita Rakyat, dan Artikel Kearifan Lokal Kab. Tanjung Jabung Barat sebagai salah satu rangkaian kegiatan Literasi Expo Tahun 2023, Kamis. (20/6)


Turut hadir pada Pembukaan Literasi Expo tersebut, Pj. Sekretaris Daerah, Pejabat Tinggi Pratama di lingkup Sekretariat Daerah, Jajaran Petinggi Petrochina International Jabung Ltd., Pimpinan Salim Media Indonesia Jambi, Ketua Ikatan Guru Indonesia Kab. Tanjung Jabung Barat, Kepala SMK Negeri 1 Kuala Tungkal, Panitia Literasi Expo, Para peserta pemenang Lomba Literasi Expo Tahun 2023, serta rekan media dan tamu undangan lainnya.


Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan lingkungan yang baik serta komprehensif akan berdampak dalam menunjang, mengembangkan, serta  memajukan literasi terhadap peserta didik, guru, serta masyarakat di Kab. Tanjung Jabung Barat.


“kita menginginkan bahwa Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat ( IPLM ) dapat terus meningkat setiap tahunnya sehingga mendorong serta mendukung masyarakat untuk gemar membaca dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Kab. Tanjung Jabung Barat”, ujar Beliau.


Selaku Ketua Pelaksana Literasi Expo, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Hj. Erlinawati, S.H. menyampaikan bahwa kegistan ini merupakan salah satu model promosi dari program pembudayaan kegemaran membaca terhadap siswa/i dan masyarakat yang telah dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk membantu meningkatkan angka IPLM di suatu daerah.


“ IPLM Kab. Tanjab Barat pada Tahun 2023 sedikit mengalami peningkatan dari angka 30,71% pada tahun 2022 menjadi 56,39% pada saat ini dan kita masih menduduki peringkat ke - 5 antar Kab/Kota di tingkat Provinsi Jambi serta tingkat kegemaran membaca pada angka 69,39 % “, sambung Erlinawati.


sebelumnya, Field Manager Petrochina International Jabung Ltd. Rudy Hermawan menyampaikan pihaknya telah mendukung dan memfasilitasi Kegiatan Literasi Expo yang bekerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ikatan Guru Indonesia Kab. Tanjab Barat, serta SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat.


“kami dari Petrochina sangat berharap dengan meningkatnya minat baca bagi generasi muda saat ini, kedepannya dapat memberikan inovasi terbarukan yang berpotensi nilai lebih agar bermanfaat bagi Kab. Tanjab Barat”, ujar Rudy.


Dalam Wawancaranya, Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menyempatkan diri ke “ Titik Baca Digital “ yang saat ini sudah tersedia di Serambi Tungkal  dan RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal diwaktu jam pelayanan masyarakat.


“ Apresiasi kami dari Pemda Tanjab Barat kepada Petrochina atas kolaborasinya dalam membimbing generasi muda kita sebagai bentuk tanggungjawab bersama terhadap wawasan keilmuwan sehingga dapat meningkatkan IPLM yang beriringan dengan Indeks Pembangunan Masyarakat ( IPM ) untuk Indonesia Emas 2045”, pungkas Beliau.


Sebagaimana diketahui, Titik Baca Digital ( Digital Library Station ) merupakan inovasi layanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Tanjab Barat untuk meningkatkan budaya gemar membaca serta kebutuhan informasi masyarakat.


Titik baca yang dimaksud “ Tugu “ yang dilengkapi QR Code berisi ratusan judul buku dan konten digital lainnya yang dapat diakses dalam radius tertentu.


Pada akhir acara, Bupati didampingi para stakeholder memberikan Hadiah Pemenang Lomba Literasi Expo serta meresmikan Kelas Literasi Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Kab. Tanjung Jabung Barat. (RED-SP-ID Lingga)