Bupati Nias Barat Resmikan RS Pratama Lologolu Soguna Ba Zato -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Nias Barat Resmikan RS Pratama Lologolu Soguna Ba Zato

Sabtu, 02 Desember 2023

 



Nias Barat - Sumutpos.id : Bangunan Gedung Rumah Sakit (RS) Pratama Lologolu Soguna ba Zato yang dibangun tahun 2022 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan, diresmikan pemanfaatannya oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu pada Jum’at (1/12/2023).


Peresmian pemanfaatan RS Pratama Lologolu Soguna ba Zato ini, ditandai dengan penyerahan Sertifikat Laik Fungsi oleh Bupati Nias Barat kepada Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur UPTD RS Pratama Lologolu Soguna ba Zato. Kemudian, penandatanganan prasasti dan pembukaan pintu utama gedung RS Pratama Lologolu Soguna ba Zato oleh Bupati Nias Barat didampingi Ketua DPRD, Sekretaris Daerah dan pimpinan OPD.


Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengungkapkan bahwa pembangunan gedung RS Pratama Lologolu Soguna ba Zato merupakan upaya nyata dan wujud komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan publik dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui penyediaan akses pelayanan kesehatan yang prima, cepat, tepat dan berkualitas kepada masyarakat Nias Barat dan masyarakat umum lainnya yang membutuhkan pelayanan kesehatan.


Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dengan bangunan gedung, fasilitas dan peralatan kesehatan yang tersedia, sesungguhnya RS Pratama Lologolu sudah layak dijadikan sebagai rumah sakit rujukan utama di Kabupaten Nias Barat dengan tinggal melengkapi beberapa fasilitas lainnya dan menyediakan tenaga kesehatan yang kompeten pada bidangnya masing-masing.


“Sudah layak dijadikan sebagai rumah sakit rujukan utama di Kabupaten Nias Barat. Secara bertahap kita lengkapi fasilitas dan sunber daya manusia sehingga dalam tiga sampai empat tahun kedepan dapat ditingkatkan statusnya minimal rumah sakit Tipe D bahkan menjadi rumah sakit Tipe C,” lanjut Bupati Khenoki Waruwu.


Untuk itu, ia berharap agar tenaga kesehatan yang bertugas di RS Pratama Lologolu Soguna ba Zato dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan sikap yang ramah, tulus dan ikhlas.


“Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan di bidang kesehatan sehingga rumah sakit ini dapat menjadi garda terdepan pelayanan kesehatan di Kabupaten Nias Barat,” ucap Bupati Khenoki Waruwu.


Selanjutnya, untuk mendukung pengoptimalan pelayanan kesehatan di RS Pratama Lologolu Soguna ba Zato, Bupati Nias Barat mengatakan akan dibangun Rumah Dinas pegawai yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan yang bekerja di RS Pratama Lologolu.


Kemudian, secara bertahap akan dilengkapi fasilitas dan sarana prasarana pendukung yang masih belum tersedia, diantaranya pengadaan ambulans, pembuatan taman, pembenahan koridor dan bangunan pendukung lainnya.


Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Barat Azwardin Laia, SKM., M. Kes melaporkan bahwa anggaran pembangunan Rumah Sakit Pratama Lologolu Soguna ba Zato bersumber dari DAK Bidang Kesehatan dengan pagu sebesar Rp. 43.109.346.000.


Bangunan Rumah Sakit ini terdiri dari beberapa segmen bangunan, yaitu Ruang IGD, Ruang Operasi (OK), Ruang Kebidanan, Ruang Polikilinik, Ruang Administrasi, Ruang Farmasi, Instalasi Gizi, Ruang Radiologi, Laboratorium, Laundry, ruang perawatan VIP, Ruang Perawatan Kelas I, Kelas II dan Kelas III dan ruang perawatan anak serta bangunan pengolahan limbah B3.


Kemudian, Rumah Sakit Pratama Lologolu Soguna ba Zato juga dilengkapi dengan fasilitas pemeriksaan kesehatan yang utama antara lain Pemeriksaan Rontgen (Pemeriksaan X-Ray), Pemeriksaan USG 4 Dimensi, Ruangan Operasi (MOT) lengkap, Pemeriksaan Laboraorium lengkap, Pemeriksaan Gigi dan Mulut dan alat-alat kesehatan lainnya yang menunjang pelayanan kesehatan di setiap ruangan.


Setelah acara seremonial peresmian RS Pratama Lologolu, Bupati Nias Barat bersama Ketua DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK, Ketua, DWP, pimpinan OPD dan tamu undangan lainnya melaksanakan room tour untuk melihat secara keseluruhan bangunan dan fasilitas yang tersedia di RS Pratama Lologolu.

(Red-SP.ID/FH)