Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu;"Air Bersih Harus Sampai Kemasyarakat! -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu;"Air Bersih Harus Sampai Kemasyarakat!

Selasa, 19 September 2023



Dairi//sumutpos.id:Berkat kerja keras pemerintah kabupaten Dairi dalam hal ini Bapak Bupati Dairi Dr.Ir.Eddy Kelleng Ate Berutu dan komitmen nya memberikan yang terbaik kepada masyarakat khusunya Air Minum.

Dirut PDAM Tirta Nciho Dairi,bapak Wahlim Munthe,SH,MM beberapa waktu lalu bersama Pemerintah Pusat melalui kemetrian PUTR tanda tangani Mou komitmen peningkatan  pengembangan air bersih di Dairi sumatera utara.


Hasil dari kerja keras Wahlim Munthe sebagai dirut dengan dipertanggung jawabkan oleh Pemerintah Daerah  Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu ,berhasil menggiring proyek raksasa yang akan berpungsi untuk   air bersih di Dairi yang selama ini belum semua dapat menikmati sarana air bersih.


Adapun proyek yang dimaksud adalah Balai Wilayah Sumatera II(BWS)yang terletak di dusun  Pakkoat tepatnya Sigalingging.BWS ini adalah pengerjaan Intek perpipaan dari pusat sumber air 2023,yang menelan biaya kurang lebih RP.50 milyar.proyek ini dikerjakan oleh pihak ketiga yakni PT Hasbo,sementara PDAM Tirta Nciho hanyalah pengusul.

Proyek ini sedang dalam pengerjaan dan diperkirakan akan time line april 2024 mendatang,segala yang bertautan dengan hak ulayat telah disepakati dan telah menyertahkan sekapur sirih sebagai adatnya dengan marga pemangku hak ulayat masyarakat setempat marga sigalingging.


Proyek kedua yang sedang dikerjakan di Lae nuaha adalah Balai Prasarana Wilayah (BPW)Sumatera ,ini adalah Instalasi Pengolahan Air(IPA),atau WTP(water treatment plain)yang notabene pengerjaan dilaksanakan pihak ketiga darikementrianPUTR,yang menelan biaya kurang lebih Rp 32 Milyar yang juga bersumber dari pemerintah pusat.WTP ini akan memenuhi kapasitas 50 liter/detik,yang bertujuan agar semua masyarakat Dairi daoat menikmati sarana air bersih,sesuai program pemerintah indonesia ,2030 masyarakat indomesia 100 % harus menikmati sarana air bersih.



"Semua dapat terwujud juga berkat dukungan masyarakat Dairi juga para teman teman yang setia mendukung,mengawasi,mengawal kinerja PDAM,"ucap Wahlim Munthe dengan bijak.(RED.SP.ID.CS)