Bupati Toba Serahkan 12,5 Ton Bibit Padi Untuk Tingkatkan Swasembada Pangan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Bupati Toba Serahkan 12,5 Ton Bibit Padi Untuk Tingkatkan Swasembada Pangan

Selasa, 25 Juli 2023




Toba,Sumutposid- Pemerintah Kabupaten Toba menyerahkan bibit padi  seberat 12,5 ton kepada kelompok tani yang berada di Kecamatan Nassau dan Kecamatan Habinsaran, hari  Senin tanggal 24 Juni 2023. 


Penyerahannya langsung diberikan oleh Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus seusai mengunjungan Kecamatan Borbor. 





Selain memberikan bantuan benih padi, Poltak Sitorus juga mendengar langsung keluhan masyarakat tentang kelangkaan pupuk, dan kelangkaan bibit jagung, serta kelangkaan bibit tanaman lainnya.


Saya bukan mencari persoalan untuk menyalahkan orang, tetapi  mencari solusi untuk kita selesaikan, kata Bupati  di hadapan para kelompok tani dalam pertemuan tersebut, dimana keluhan pertama yang disampaikan petani  mengenai pupuk adalah  tidak tepat waktu dan  kurangnya jumlah pupuk sesuai kebutuhan. 

Tapi di tempat lainnya seperti Kelurahan Parsoburan , keluhannya adalah pupuk ada namun tidak cukup uang menebus satu paket pupuk. 




Menanggapi berbagai hal ini Poltak Sitorus memerintahkan dinas pertanian agar turun langsung mengecek kembali, katanya. 


Segera cek, turunkan auditor, selesaikan itu,  serunya kepada T.H Sitorus selaku Kadis Pertanian dan kepada Kadis Ketahanan Pangan Sahat Manullang yang turut mendampingi Bupati. 


Solusinya adalah menambah pupuk, seru Bupati dan kembali mendorong para petani agar membuat pupuk organik dengan pendampingan dinas terkait.


Soal  tidak tersedianya uang menebus pupuk, Poltak Sitorus menyarankan agar petani mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di BRI. atau simpan pinjam secara tanggung renteng, semua anggota kelompok bergotong royong  saling membantu dan mengembalikannya sesudah panen, serunya lagi. 


Adanya keluhan sulitnya dan mahalnya mendapatkan bibit jagung Pioneer 35, T.H Sitorus memberikan penjelasan bahwa bibit ini mengalami fluktuasi harga naik karena banyak peminatnya. Pihaknya akan tetap berupaya mencari jenis bibit yang cocok ditanam di daerah ini kata kadis pertanian. 


Adapun penerima bibit padi sebanyak 41 kelompok tani, yaitu 26 Kelompok Tani dari Kecamatan Habinsaran, dan 15 Kelompok Tani dari Kecamatan Nassau.


Benih Padi yang diserahkan sebanyak 12,5 Ton, akan di tanami di lahan persawahan dengan luas 500 Ha,  di Nassau luas lahannya 175 ha dan luas lahan di Habinsaran 325 ha. (RED-SP-ID/DS).