Bupati Toba Ajak Taruna Akmil dan Praja IPDN Motivasi Pelajar SMA Negeri 1 Narumonda -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Bupati Toba Ajak Taruna Akmil dan Praja IPDN Motivasi Pelajar SMA Negeri 1 Narumonda

Kamis, 27 Juli 2023


 


Toba (27/7/23) Sumutpos.id:Wajah bersinar penuh semangat terpancar di wajah para siswa-siswi SMA Negeri 1 Narumonda yang ada di Kabupaten Toba, Sumatra Utara, saat mendengar kisah dan cerita para Taruna Akmil (Akademi Militer) AD/AL dan para Praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) .


Mereka yang merupakan putra dan putri asal Kabupaten Toba, sengaja dibawa oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus ke sekolah tersebut untuk memotivasi para pelajar SMA pada Kamis (27/7/2023) pagi. 



Bupati Toba, Poltak Sitorus yang memberi perhatian serius dalam dunia pendidikan sengaja membawa para Taruna dan Praja itu ke sekolah-sekolah SMA, untuk memotivasi para siswa agar lebih giat untuk belajar. Pada setiap kesempatan, Poltak Sitorus juga selalu menyampaikan filosofi Batak Naraja (Marugamo/peduli, Maradat/sopan santun, Maruhum/taat aturan-disiplin, Marparbinotoan/mengunakan ilmu pengetahuan).


Selain itu Poltak Sitorus menyampaikan tagline "Torus Pature dan Pature Torus" yang artinya memperbaiki segala hal secara terus-menerus. Sehingga proses belajar mengajar di sekolah semakin unggul .Para siswa pun dapat meraih cita-cita masing-masing.



Poltak Sitorus yang memberi perhatian serius dalam dunia pendidikan sengaja membawa para Taruna dan Praja itu ke sekolah-sekolah SMA, untuk memotivasi para siswa agar lebih giat untuk belajar. Pada setiap kesempatan, Poltak Sitorus selalu menyampaikan filosofi Batak Naraja (Marugamo/peduli, Maradat/sopan santun, Maruhum/taat aturan-disiplin, Marparbinotoan/mengunakan ilmu pengetahuan).


Selain itu Poltak Sitorus menyampaikan tagline "Torus Pature dan Pature Torus" yang artinya memperbaiki segala hal secara terus-menerus. Sehingga proses belajar mengajar di sekolah semakin unggul. Para siswa pun nantinya diharapkan  dapat meraih cita-cita masing-masing.



Samuel Sinaga salah seorang Taruna Akmil menyampaikan sejumlah  tips  menghadapi ujian masuk Akmil.


Saingan mu bukan yang ada di samping mu sekarang, tapi dari seluruh Indonesia. Jika saingan mu yang di samping mu, mungkin kau bisa kalahkan dia hanya dengan belajar seminggu. Tapi untuk bersaing dengan siswa dari seluruh Indonesia, maka kalian harus terus belajar dan belajar terus, sebagaimana tadi tagline Pak Bupati, Pature Torus dan Torus Pature ujarnya  memberi motivasi. 


Jika ingin mengikuti jejak mereka, para Taruna Akmil ini menekankan agar para siswa harus mempersiapkan mentalnya, percaya diri dan semangat. "Kalau mental adik-adik sudah kalah duluan, tidak usah daftar, bunuh diri itu namanya. Jadi harus percaya diri, jangan menyerah. Itu yang paling utama, selebihnya kuasai bahasa Inggris dan perkuat akademik serta psikotes. Intinya terus belajar dan belajar terus. Jangan lupa juga soal kesehatan, jaga kondisi tubuh dan rajin berolahraga," lanjutnya. 


Dan satu lagi, jika kalian berhasil masuk sekolah kedinasan, tidak hanya orang tua yang bangga. Tetangga juga akan ikut bangga, Pak Bupati juga akan bangga melihat kita para remaja dari Toba yang sukses ke depan, sambungnya. 


Sementara Anju Soripada Lumbantobing salah satu Praja putri IPDN yang pada saat itu juga berkesempatan menyampaikan motivasi  dengan menyebutkan  kaum perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk meraih cita-cita di sekolah kedinasan.


Praja lainnya ada mengungkapkan bahwa dirinya baru berhasil masuk IPDN setelah sebelumnya dua kali gagal masuk. 


Jadi saya berhasil masuk IPDN setelah pendaftaran ke tiga kali. Saya juga menjadi Alumni SMA Silaen yang pertama berhasil masuk IPDN. Jadi seperti yang sudah dikatakan abang-abang yang sebelumnya, tetap semangat dan jangan menyerah, ujarnya. 


Para Taruna Akmil dan Praja IPDN ini juga mengatakan agar para siswa jangan malu meski berasal dari kampung.


 Saya dari Silaen. Jadi jangan pernah malu meski kita dari kampung. Tetap ingat apa yang disampaikan oleh Pak Bupati tadi, perbaiki terus dan terus perbaiki," ujar Praja IPDN menyemangati para siswa yang disambut tepuk tangan para siswa dan tenaga pengajar di sekolah itu. 


Pada kesempatan itu turut hadir Kacabdis Pendidikan Balige, John Suhartono Purba, Kadis Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu, Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Toba, Sesmon TB Butarbutar. 



Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Narumonda J.P. Sitorus sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap siswa-siswi yang menimbal ilmu disini termotivasi untuk membangun ilmu lebih sungguh- sungguh, sehingga anak didik kita bisa masuk Akmil maupun IPDN.

Saya secara pribadi beserta seluruh guru dan siswa siswi berterima kasih kepada Bupati Ir. Poltak Sitorus, Kacabdis Jhon S.Purba yang dengan hati memberi perhatian khusus untuk memajukan Toba terkusus  kemajuan pendidikan, seru kepsek mengakhiri bincang bincang kami selesai acara.(Red-SP.ID/DS)