Puslitbang Polri Gelar Strategi Pencegahan Bunuh Diri Pada Polres Dairi Dan Pakpak Bharat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Puslitbang Polri Gelar Strategi Pencegahan Bunuh Diri Pada Polres Dairi Dan Pakpak Bharat

Kamis, 01 Juni 2023

 


DAIRI|sumutpos.id: Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK,MM Bersama PJU Polres Dairi Menerima Kunjungan Tim Puslitbang Polri dalam rangka Penelitian tentang Strategi Pencegahan Bunuh Diri Di Kalangan Anggota Polri TA. 2023 Pada Polres Dairi dan Polres Pakpak Bharat, Bertempat Di Aula Kamtibmas Polres Dairi Jalan SM. Raja No. 08 Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi rabu (31/05/2023).


Kapolres  AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK,MM mengatakan bahwa Hari ini Kami melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri Kapuslitbang Polri Brigjen Pol. Drs. Iswyoto Agoeng Lasmana Deota, M.Si Selaku Ketua Tim, Kabidgasbin Puslitbang Polri Kombes Pol. Frans Tjahyono, SIK, MH, Kabaglapsi SSDM Polri Kombes Pol. M. Fatkhul Birri, S.Psi, Karorena Polda Sumut Kombes Pol. Harries Budiharto, SIK, M. Si, Paursisjemen Rorena Polda Sumut Iptu Dinda Clara S.T.K , SIK Dan Psikologi Kepolisian Pertama TK I Ro SDM Polda Sumut Iptu Wahyu Sukma, S. Psi, MM, MH Serta Bamin Sisjemen Rorena Polda Sumut Briptu Ary Bona Sinaga.



Hal itu, Kapolres Dairi mengucapkan Selamat datang kepada Ketua Tim dari Puslitbang Polri beserta rombongan yang melaksanakan kunjungan di Di Polres Dairi dalam rangka Penelitian tentang Strategi Pencegahan Bunuh Diri Di Kalangan Anggota Polri, Dan diharapkan kepada personil yang hadir agar membantu dan mendukung pelaksanaan kegiatan FGD ini dengan mendengarkan dalam penyampaian dari Narasumber sehingga dapat meminimalisir terjadinya Bunuh Diri Pada Polres Dairi Dan Polres Pakpak Bharat, 



Pada kesempatan ini Kapuslitbang Polri Brigjen Pol. Drs. Iswyoto Agoeng Lasmana Deota, M.Si Selaku Ketua Tim mengucapkan  terima kasih kepada Polres Dairi yang telah menerima kami dan Tim dengan baik. Maksud dan tujuan kami datang ke Polres Dairi ingin menyampaikan dan bertukar pikiran terkait dengan fenomena bunuh diri telah menjadi perhatian publik yang terjadi di beberapa belahan negara serta di kalangan institusi polri maupun masyarakat. 


Sementara Itu, Kabidgasbin Puslitbang Polri Kombes Pol. Frans Tjahyono, SIK, MH, menjelaskan terkait Penyebab bunuh diri karena korban tidak mampu mengelola solusi masalah berdampak mengganggu kejiwaan dan menjadi tekanan hidupnya dimana keputusan korban bunuh diri karena adanya keinginan kuat untuk lari dari kesadaran yang menyakitkan atas kegagalan kurang hadirnya orang tua untuk solusi baginya. Terdapat beberapa tanda-tanda depresi yaitu aspek psikologi diantaranya selalu merasa bersalah dan menyalahkan dirinya, merasa cemas dan khawatir yang berlebihan, sering putus asa, rendah diri, dan tidak berharga, suasana hatinya buruk dan sedih secara berkelanjutan. 


Aspek Fisik pada pemicu bunuh diri diantaranya Ada hal - hal permasalahan ekonomi hutang, pinjol, main judi online , masalah keluarga, gaya hidup berlebihan, hubungan asmara dan masalah psikologi lainnya

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK,MM, Kapolres Pakpak Bharat AKBP Bambang Kristanto, SIK, MH, Waka Polres Dairi Kompol Denny Boy Panggabean, SH, MH, Para PJU Polres Dairi dan Pakpak Bharat, Para kasat fung polres Dairi dan Pakpak Bharat, Para Kapolsek sejajaran polres Dairi dan Pakpak Bharat Dan Para Perwira staf polres Dairi dan Pakpak Bharat Serta Para Personil gabungan bag dan staf polres Dairi dan Pakpak Bharat. (Red-SP.ID/CS)