Diduga Arus Pendek Listrik, Tiga Rumah di Sisingamangaraja Atas Parapat Dilalap Si Jago Merah -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Diduga Arus Pendek Listrik, Tiga Rumah di Sisingamangaraja Atas Parapat Dilalap Si Jago Merah

Sabtu, 13 Mei 2023



Parapat, Sumutpos.id: Sebanyak tiga unit rumah milik warga dilalap si jago merah di Jalan Sisingamangaraja Atas, Huta Saitni Huta , Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon , Kabupaten Simalungun sekitar pukul 11.30 Wib, Sabtu (13/5-2023). 


Warga korban kebakaran adalah Hotman Sidabutar, Bidin Pakpahan dan bermarga Sirait. Dan dalam musibah kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa. Melainkan para korban mengalami kerugian material harta benda. Dan sudah ditangani oleh aparat Kepolisian Polsek Parapat . 


Menurut salah satu korban Boru Sirait mengatakan, sepulang sekolah dirinya masih datang ke rumah untuk makan siang. Setelah selesai baru dia pergi ke warung tak jauh dari rumahnya. 


" Tiba-tiba asap mengepul dari atas rumah kami. Padahal aku baru saja keluar dari rumah makan siang. Tak ada yang menyala kompor di rumah. Karena nasi dan lauk yang saya makan telah dimasak tadi pagi ," ucap Boru Sirait.



Sementara, menurut Kasi Trantip Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Riris Harahap menjelaskan, " Sesuai hasil penyidikan pihak kepolisian sementara  tadi pagi, kebakaran akibat arus pendek listrik," terang Riris.  

 

Kepada Media, Camat Girsang Sipangan Bolon Oslando Harady Parhusip SSTP MM menjelaskan, telah dilakukan upaya pendataan terhadap para korban kebakaran. 


" Dalam hal surve ini kita melihat dan mengawasi apa yang terjadi serta bagaimana bentuk kebakaran dan kerugiannya. Kita meminta pendapat yang perlu kita bantu dari sisi  Pemerintahan. Langkah selanjutnya akan kita lakukan sesuai mekanisme , yaitu salah satunya pendataan terhadap semua kerugian ditempat ini melalui dinas terkait. Termasuk  dinas Sosial dan Badan Penagulangan Bencana Kabupaten Simalungun.  Jadi saat ini masih tahap verifikasi masalah yang akan kita laporkan ke dinas terkait," ucapnya. 


Oslando juga menyampaikan, sebagai tangung jawab dan kepedulian Pemerintah setempat akan memberikan bantuan awal yaitu Nasi bungkus dan minuman air mineral kepada para korban kebakaran . 


" Dalam hal ini yang bisa kita berikan kepada para korban berupa nasi bungkus dan air mineral. Dan kita himbau kepada para korban supaya lebih hati-hati melihat kondisi bangunan sudah mulai rapuh. Dan hasil surve kita saat ini ada tiga rumah mengalami musibah kebakaran, yait Pak Sirait, Pakpahan dan rumah Sidabutar," tegas pak Camat. 


Amatan dilokasi, tiga rumah semi permanen  mengalami kebakaran. Dan kebakaran dapat cepat teratasi dengan bantuan mobil pemadam milik Pemerintah Simalungun. Yang dibantu oleh masyarakat sekitar. (Red-SP.ID/Hery)