Bupati Ajak Pangulu Terpilih Berikan Pelayanan Terbaik untuk Kemajuan Simalungun -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Ajak Pangulu Terpilih Berikan Pelayanan Terbaik untuk Kemajuan Simalungun

Rabu, 03 Mei 2023

(Image/Gambar) : Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga saat menyampaikan pembekalan kepada Pangulu terpilih.


Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak para pangulu (kepala desa) terpilih untuk menjalin kerjasama yang baik dengan elemen masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik untuk kemajuan Simalungun.


Ajakan itu disampaikan Bupati Simalungun ketika memberikan pembekalan awal kepada para Pangulu terpilih hasil Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) serentak Tahun 2023, bertempat di Balai Karya Murni Kecamatan Bandar, Simalungun, Sumut, Rabu (3/5/2023).


"Saya yakin pangulu terpilih ini adalah pilihan dari masyarakat kita, jadi kepercayaan yang kita emban ini wajib kita laksanakan untuk menjawab kebutuhan warga kita masing-masing. Kita memahami kalau tantangan yang kita hadapi sudah ada di depan mata," kata Bupati.


Disampaikan Bupati, sebelum Pilpanag banyak rintangan dan tantangan yang di hadapi. Namun Bupati meyakini kalau pangulu terpilih ini adalah pilihan terbaik dari masyarakat dan dirinya berharap agar pangulu terpilih itu harus sepenuh hati untuk melayani masyarakat.


"Saya termotivasi dengan sebuah Nagori, yaitu nagori Mekar Sari, dimana masyarakatnya sangatlah mendukung pangulu nya. Karena pangulu di sana sangatlah dipercayai masyarakatnya, karena pelayanan dan programnya sangatlah luar biasa," sebut Bupati.


Menurut Bupati, kedepan nya Pemkab Simalungun akan membantu setiap program Pangulu, karena Pangulu ini adalah mitra pemerintah.


"Saya sudah minta dinas terkait untuk membuat konsep kerja kedepan, dan membuat program tatanan sistim kerja di setiap Nagori," ujar Bupati.


Bupati meminta kepada para pangulu terpilih harus membuat RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Nagori. Tujuan nya untuk membangun Kampung Halaman Tano Habonaron Do Bona. 


Untuk itu, Bupati mengajak para pangulu terpilih agar belajar untuk menyusun RPJM Nagori yang benar, dan program yang benar agar tidak ada delik hukum yang akan membawa masalah buat para pangulu terpilih.


"Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan terkait ini. Dan kami juga akan memberikan pembekalan kepada para pangulu terpilih agar Kampung Halaman kita ini semakin maju dan semakin bagus dengan kebersamaan ini," jelas Bupati.


Terkait kemajuan dan kesuksesan Nagori, Bupati menyampaikan bahwa hal ini berada di pundak para pangulu. 


"Harapan saya kalau ada persoalan dan sudah bekerja sesuai dengan mekanisme, tapi ada masalah silakan lapor kan kepada saya dan saya terdepan untuk menjaga Pangulu saya. Asalkan bekerja sesuai dengan mekanisme yang berlaku," ucap Bupati.


"Marilah kita bergandengan tangan untuk kemajuan Kabupaten Simalungun dan melayani masyarakat kita," sambung Bupati.


Sebelumnya, Bupati mengajak para Pangulu terpilih ini unik mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas agenda hari ini.


Kegiatan tersebut diawali dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan berdoa bersama. 


Adapun Pangulu Terpilih yang mengikuti pembekalan awal berasal dari 15 Kecamatan, yakni: Kecamatan Siantar, Gunung Malela, Gunung Maligas, Bosar Maligas, Tanah Jawa, Hatonduan, Dolok Batu Nanggar, Huta Bayu Raja, Jawa Maraja Bah Jambi, Pematang Bandar, Bandar Huluan, Bandar, Bandar Masilam, Tapian Dolok, dan Ujung Padang.(Red-SP.ID/FIS)