Persatuan Keluarga Besar Toboh Gadang Medan Sekitarnya Memperingati Isra' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2023 M -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Persatuan Keluarga Besar Toboh Gadang Medan Sekitarnya Memperingati Isra' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2023 M

Rabu, 01 Maret 2023



Medan, Sumutpos id. -  Masyarakat Minangkabau yang berlandasan Adat bersandi Sarak, Sarak bersandi Kitab Bullah yang menjunjung tinggi Al- Qur'an dan Hadist, walaupun diperantauan tetap memperingati hari-hari Besar Islam,salah satunya Persatuan Keluarga Besar Toboh Gadang Medan sekitarnya, memperingati ISRA' Mi'RAJ Nabi Besar Muhammad SAW,di Surau Toboh Gadang Pada hari Selasa Malam  28 Februari 2023,Jl. Ismailiyah, Gg.Toboh No. 4 Medan, Kelurahan Kota Matsum II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. 


Dihadiri ketua umum Persatuan Keluarga Besar Toboh Gadang Medan sekitarnya Bg. Mardion Payalai, Sekretaris Bg, Syafrizal, Bendahara Junaidi Jambak, Kapalo Mudo Gadang Bg. Amrizal Jambak, Dewan Ninik Mamak H.Sd.Bakri Jambak, Ketua BKM Bg.Mahyudin Panyalai,Pengurus Alim Ulama, Pengurus PKM Toboh Gadang, pengurus Unsur Pemuda Toboh Gadang, Bundo Kandung.


Ketua PKNS Sumut, serta pengurus PKNS dan Ketua Forom Minang Sati Sumut serta pengurus Forom Minang Sati Sumut serta para undangan lainnya. 


Ketua Umum/ Ketua Panitia Bg.Mardion Panyalai,dalam kata sambutan dan laporan panitia Isra' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2023 M. 

Mengucapkan selamat datang para undangan kami, yang telah berkenan hadir, pada acara Isra' Mi'raj ini, dan mohon maaf kami dimana kedatangan para undangan tersambut dan tesalami kami mohon di maafkan, tutur ketua Mardion. 


Dan lebih lanjut ketua Bg Mardion Panyalai, mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia Isra' Mi'raj, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan sukses, pungkas nya. Bg.Mardion Panyalai. 


Dilanjutkan dengan Gerakan Amal Saleh (GAS) inilah ciri kas khusus  masyarakat Minang untuk mencari biayanya dengan cara  badoncek yang sudah turun temurun dari dahulunya, dalam membuat suatu kegiatan keagenan di Minang. 

Alhamdulillah cara sepontan seluruh yang hadir langsung memberikan sedekah dan impaknya untuk biaya Isra' Mi'raj tersebut. 


Dan di lanjutkan dengan ceramah/Thausiah Agama oleh Tuangku Muhammad Arief Tuanku Bandaro Sati, yang di datangkan langsung dari Pariaman, untuk mengisi Thausiah Isra' Mi'raj ini. 


Dalam ceramah/ Thausiahnya Tuangku Muhammad Arief Tuangku Bandaro Sati,menceritakan perjalanan isra' Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW,dari Masjidil haram ke Siratulmunthoah  dan kelangit ke Tujuh(7),di seper tiga malam, ini salah satu kebesaran Allah SWT,dari pada itu dimenghimbau kepada seluruh kita semua  yang hadir agar dapat mengambil hikmah nya, dalam memperingati Isra mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW ini.


Dari itu Tuangku Muhammad Arief kalau kita mau kampung haruslah mem persiapkan bekal di dalam perjalanan ke kampung,artinya kalau jasad atau tubuh udah berpisah dari roh, ini lah yang dinamakan pulang kampung ,hanya tiga(3),yang di bawa - Amal ibadahnya, -Sedekah zahiriah semasa hidupnya dan ilmu yang bermanfaat serta doa anak yang sholeh,inilah yang dapat menolong kita. 


Dan Tuangku Muhammad Arief Tuangku Bandaro Sati, menghimbau agar selalu memakmurkan Surau atau Mesjid, kalau kita ingin mendapatkan ridho dari Allah SWT,harus perbanyak sedekah untuk kemakmuran surau dan mesjid pungkas Tuangku Bandaro Sati. (RED-SP.ID/MYT).