Polres Dairi Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Lilin Toba 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Polres Dairi Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Lilin Toba 2022

Kamis, 22 Desember 2022

Dairi,sumutpos.id : Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM menjadi pemimpin apel gelar pasukan operasi lilin toba 2022  pada hari kamis 22/12 pagi bertempat dilapangan apel mapolres Dairi jalan sisingamangaraja no 08 kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi.


Hadir dalam gelar operasi lilin toba 2022 tersebut Kepala BPS Kabupaten Dairi Minda Flora Ginting, Kasub Den Pom 1/4 Sidikalang Kapten Cpm Djoko Priharto, Kadis Hub Kabupaten Dairi Parulian Sihombing, Kasat Pol PP Kabupaten Dairi Junihardi Siregar, Para Kabag Polres Dairi, Para Kasatfung Polres Dairi, Para Kapolsek Jajaran Polres Dairi.



Pimpinan apel membacakan amanat Bapak Kapolri dalam Kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2022 yang sedang dilaksanakan


Materi amanat Kapolri berisikan 

Pelaksanaan Kegiatan Operasi Lilin Toba - 2022 di Laksanakan Polri Secara Serentak di Seluruh Indonesia  yang mana pada Operasi Lilin 2022 selama 11 (sebelas) hari terhitung mulai Tanggal 22 Desember 2022 s/d 02 Januari 2023 serta dilanjutkan dengan KRYD mulai tanggal 03 Januari s/d 09 Januari 2023.


Operasi Lilin 2022 ini tentunya dipersiapkan dalam rangka mengamankan kegiatan Nataru, agar masyarakat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah dari Presiden Joko Widodo bahwa, "Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat Natal dan tahun baru ini betul betul disiapkan agar masyarakat merasa nyaman dan aman".


Potensi gangguan yang harus diwaspadai, pada sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, terlebih lagi saat ini muncul subvarian baru Omicron BN. 1 yang lebih cepat menular, melihat hal tersebut lakukan penguatan Prokes terutama pada lokasi dengan tingkat interaksi tinggi, imbau masyarakat untuk vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi peduli lindungi.


Dan waspadai potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti Kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyebrangan antar pulau, serta kepadatan bandara terminal dan pelabuhan.


Jadikan pengaturan rekayasa lalulintas pada idul Fitri sebagai acuan, penerapan Contra flow dan one way pada jalur tol maupun arteri harus dilakukan secara fleksibel.


Selain jalur tol arteri rekayasa lalulintas juga harus dilakukan pada pelabuhan penyeberangan pastikan tidak ada penumpukan kendaraan.


Dalam rangka memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang akan menggunakan moda tranportasi umum maka lakukan langkah pengaturan keberangkatan, dorong pembeli tiket secara online dan lakukan pengaturan arus keluar masuk bersama dengan stakeholder terkait.


Selanjutnya terkait kejahatan konvensional berdasarkan Anev tahun 2021 kejahatan paling tinggi terjadi pada bulan Desember didominasi oleh kejahatan konvensional, Maka itu tingkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan.


Ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius, guna mencegah aksi terorisme serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan.





Tidak kalah penting adalah terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM lakukan monitoring dilapangan bersama satgas pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersediaan pasokan pangan, himbau pelaku usaha untuk tidak melakukan penimbunan atau Menahan stok yang tentunya dapat menyebabkan kelangkaan maupun kenaikan harga.


Kemudian khusus pengamanan ibadah natal pastikan lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K.9 dan Densus 88/AT.


Dalam Pengamanan Objek wisata akses jalan menuju lokasi jangan sampai terjadi kemacetan.


Sedangkan pada perayaan malam tahun baru lakukan izin kegiatan keramaian dengan melakukan assessment bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait.


Demikian amanat bapak Kapolri Jenderal polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi yang dibacakan oleh kapolres Dairi.(Red-SP.ID/CS)