Pesta Njuah Njuah 2022 Meriah ,Setelah Dua Tahun Pakum Karena Vandemi -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pesta Njuah Njuah 2022 Meriah ,Setelah Dua Tahun Pakum Karena Vandemi

Friday, October 14, 2022

 


Dairi,sumutpos.id:Pesta Njuah njuah di  Kabupaten Dairi resmi dibuka oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu kamis (13/10/2022) di Gedung Djauli Manik.


Acara ini adalah acara budaya yang rutin digelar di Kabupaten Dairi,setiap tahunnya,di karnakan vandemi covid hingga selama 2 tahun acara ini tidak di laksanakan,dan untuk tahun ini sudah dapat kembali dilaksanakan.

Dalam acara ini datang dari 15 kecamatan mengikuti kirab caranya, instansi instansi OPD dan pelaku budaya,serta tamu undangan Walikota subusalam diwakili oleh kadis perhubungan,perwakilan Tebing Tinggi,kadis Pariwisata,Bupati Samosir diwakili oleh kadis Pariwisata. Dan seluruh pejabat pentinggi Dairi semua Hadir,namun bapak kajari sepertinya tidak hadir.Sedang menparekraf  Sandiaga Uno secara firtual turut menyambut pesta njuah njuah,begitu juga Boby Nasution Walikota Medan juga turut menyampaikan pesan nya lewat Eddy berutu," semoga acara njuah njuah sukses"pesan Boby Nasution. 


Acara ini di awali dengan kirab atau carnaval yang masing masing dari kontingen membawa oleh oleh (siluah),yang terdiri dari hasil bumi dan produk desanya masing masing.contoh yang mencolok seperti parongil membawa Durian dan ikan mas asli dan duplikatnya sebagai hiasan,Kecamatan silahi sabungan dikenal dengan budidaya ikan mas dan hasil pertanian bawang merah hingga duplikat rumah adat atapnya terbuat dari bawang merah yang berdaun,juga kontingen OPD membawa produk yang di hasilkan kantor nya masing masing.



Prosesi adat budaya njuah njuah ini ,berjalan hikmah mulai dari sembah kepada sukutni talun(pemangku hak ulayat)dengan memberi kan gatap atau sirih yang disebut kan uang sebagai tanda penghargaan,pembagian jambar kerbau,serta tarian persembahan,adat pak pak,berkolaborasi dengan musik masa kini dengan tetap berpegang dengan asal tarian adat nya .Dilengkapi dengan pashion show dan hiburan band lokal yang tidak kalah dengan ibu kota.karna anak Dairi penuh dengan bakat.



Sampai acara hiburan dan yang lebih memukau lagi cerita rakyat yang dibawakan sendra tari binaan Dinas Pariwisata dan koreografer nya Agung Prabowo yang menceritakan Tagandera dengan  sangat apik dan dapat membius penonton diam terpaku dan hikmah mengikuti alur cerita nya.


Acara yang di prakarsai disbudparpora ini berlangsung hikmah meriah, dengan melihat antusiasnya masyarakat  memadati lokasi  acara yang diperkirakan mencapai ribuan lebih masa .(Red-SP.ID/CS)