Pemkab. Toba Serahkan 20 Tabungan Bantuan Stimulan Penyediaan Rumah Swadaya Pra-sejahtera Kepada Warga Desa Patane I Porsea -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemkab. Toba Serahkan 20 Tabungan Bantuan Stimulan Penyediaan Rumah Swadaya Pra-sejahtera Kepada Warga Desa Patane I Porsea

Monday, October 3, 2022

 


Toba (3/10/22)Sumutpos.id:20 Tabungan Bedah Rumah dalam program Bantuan Stimulan Penyediaan Rumah Swadaya Pra-sejahtera (BSRS) diserahkan  Bupati Toba, Poltak Sitorus yang diwakili Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Tagor Siburian kepada 20 kepala keluarga di Desa Patane I, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Senin (3/10/22).


Pemberian BSRS merupakan bantuan bedah rumah dengan nilai tabungan Rp 35.000.000 yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). 



Penerima Bantuan Bedah Rumah BSRS  merupakan warga Desa Patane I yang memiliki rumah tidak layak huni yang sudah di survei oleh fasilitator dari Dinas Perkim Toba. Adapun kriteria penerima Bantuan Bedah Rumah antara lain tinggal di rumah dengan konstruksi yang membahayakan, luas ruangan yang tidak mencukupi untuk penghuni rumah, tidak adanya suplai air bersih, dan sanitasi tidak layak (buruk). 

Dalam arahannya, Kadis Perkim Toba Tagor Siburian mewakili Bupati Toba menyampaikan bahwa saat ini masih terdapat 10.044 rumah tidak layak huni. Oleh sebab itu, bantuan bedah rumah BSRS hadir sebagai bentuk kerja sama dari pemerintah pusat dan daerah untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni.


Selanjutnya, diharapkan kerja sama warga untuk saling bergotong royong untuk membantu pembangunan rumah warga penerima bantuan bedah rumah.



“Bapak dan Ibu, bantuan ini diharapkan bisa membangkitkan semangat gotong royong, karena dananya sangat terbatas. Kalau warga tidak bergotong royong, maka tidak akan cukup,” kata Tagor.


Penyerahan Bantuan Bedah Rumah di Desa Patane I disambut antusias oleh warga. Justianus Sirait, salah satu penerima bantuan bedah rumah mengaku bersyukur karena dengan bantuan ini rumahnya bisa direnovasi menjadi lebih layak huni.



“Saya sangat senang atas bantuan ini, rumah saya yang dulunya sangat sederhana, bisa direnovasi menjadi bagus seperti ini,” kata Justianus, sambil menunjuk rumahnya yang sedang dibangun.(Red-SP.ID/DS)