Bupati Nias Serahkan Bantuan Mesin Perontok Padi Pada Kelompok Tani -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Nias Serahkan Bantuan Mesin Perontok Padi Pada Kelompok Tani

Wednesday, October 5, 2022

Nias - Sumutpos.id : Bupati Nias serahkan bantuan Perontok Padi/Power Thresher kepada kelompok tani penerima manfaat bertempat di Lokasi Lahan Kelompok Tani Sepakat, Desa Sindondro Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias. Selasa (04/10/2022) 


Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Nias, Pimpinan/Anggota DPRD Kabupaten Nias, Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Nias, Camat se-Kabupaten Nias, Koordinator BPPK se-Kabupaten Nias beserta dengan Penyuluh Pertanian, Pengurus Kelompok Tani dan seluruh hadirin.


Adapun tujuan dari penyerahan bantuan Perontok Padi/Power Thresher kepada kelompok tani penerima manfaat adalah untuk meningkatkan kemampuan petani dalam usaha budi dayanya, meningkatkan produktivitas melalui fasilitas alat dan mesin pertanian baik saat pra panen maupun pasca panen.



Untuk diketahui bersama bahwa pada tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Nias menyalurkan bantuan Perontok Padi/Power Thresher sebanyak 26 unit, yakni:


Kecamatan Bawolato         : 7 unit

Kecamatan Idanogawo      : 5 unit

Kecamatan Sogaeadu         : 4 unit

Kecamatan Gido                : 6 unit

Kecamatan Ulugawo          : 2 unit

Kecamatan Botomuzoi      : 2 unit

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Nias juga telah menyalurkan benih unggul padi kepada kelompok tani di sentra-sentra produksi dan tambahan alokasi pupuk bersubsidi sehingga telah membuahkan hasil dengan mendapatkan alokasi tambahan sebanyak 1000 ton (500 ton urea dan 500 ton NPK).



Bupati Nias Yaatulo Gulo, S.E., S.H., M.Si berpesan kepada kelompok tani penerima manfaat agar alat yang diterima dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya, tidak boleh diperjualbelikan atau dialihkan kepada pihak lain. Kepada seluruh jajaran Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kabupaten Nias untuk terus mengawal dan mendampingi para penerima manfaat agar alat dan mesin dapat digunakan sebaik mungkin sehingga dapat bermanfaat dan memberikan hasil yang baik kepada para petani.(Red-SP ID/FH)