Pemkab Toba Atasi Masalah Petani Dengan Vericompost -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Pemkab Toba Atasi Masalah Petani Dengan Vericompost

Thursday, September 8, 2022

Balige (8/9/22)- Sumutpos.id:Untuk merespons persoalan besar di bidang pertanian yang dialami oleh petani di Kabupaten Toba yaitu masalah kelangkaan pupuk, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba, bekerja sama dengan PT. Toba Pulp Lestari (TPL) mempunyai inisiatif untuk mengatasi masalah petani tersebut dengan  memberangkatkan 60 petani untuk mengikuti studi banding pembuatan pupuk dari kotoran cacing (vermicompost) ke Desa Tiga Juhar, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

Acara pemberangkatan petani ini digelar di Halaman Kantor Bupati Toba, Kamis, (8/9/22).

Pupuk dari kotoran cacing  ini dibuat dengan memelihara cacing dalam tumpukan sampah organik hingga cacing tersebut berkembang biak di dalamnya dan menguraikan sampah organik dan menghasilkan kotoran. Proses ini dikenal juga sebagai vermiksisasi.
Studi banding akan di ikuti selama dua hari dimana para peserta akan belajar tentang cara pembuatan kompos cacing yang diharapkan bisa menjadi solusi kelangkaan pupuk nantinya. 

Dalam arahannya Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus meminta para petani peserta studi banding agar memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dengan baik mengenai pembuatan kompos cacing sehingga bisa menerapkan ilmu yang diperoleh untuk pengembangan pertanian di Kabupaten Toba.

Selama studi banding, bapak dan ibu silakan praktekkan ilmu ATM, yaitu Amati, Tiru, Modifikasi, jangan lupa satu lagi, yaitu terapkan ilmunya di Toba,” katanya. 
Bupati juga menyampaikan harapannya agar para petani semakin pintar dalam bidang pertanian supaya bisa menjaga ketahanan pangan di Toba dan menekan laju inflasi akibat harga komoditas pertanian.
 
Saat ini kita gencar sosialisasikan program tanam 2 kali panen 2 kali, semoga bisa berjalan dengan baik dan kita bisa menekan laju inflasi dengan bertambahnya pengetahuan kita di bidang ilmu pertanian, seru Bupati.

Hal senada juga disampaikan Community Development Manager Toba Pulp Lestari (TPL) Ramida Siringoringo dalam arahannya menyampaikan agar peserta studi banding bisa menjadi local champion dalam bidang pertanian untuk Kabupaten Toba.

Kita akan mendampingi bapak dan ibu sehingga masalah pupuk tidak akan menjadi kendala untuk pertanian Toba. Kita berharap bapak dan ibu bisa jadi local champion untuk memajukan pertanian di Toba, ucapnya.

Turut mendampingi bupati, Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Asisten Perekonomian Jonni DP Lubis, Asisten Administrasi Umum Verry S. Napitupulu, Kadis Pertanian T.H Sitorus, Kadis Ketapang Sahat Manullang, Plt.Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, dan para kabag  di Setdakab Toba. (Red-SP.ID/DS)