Masyarakat Minta Pemerintah Simalungun Cepat Atasi Jalan Longsor di Objek Wisata Parapat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Masyarakat Minta Pemerintah Simalungun Cepat Atasi Jalan Longsor di Objek Wisata Parapat

Monday, September 26, 2022


Kondisi jalan longsor di objek wisata Parapat 

Parapat-Sumutpos.Id: Masyarakat Parapat meminta kepada Pemerintah Simalungun agar secepatnya mengatasi tanah longsor di Jalan Josep Sinaga, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon(Girsip) , Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Untuk menjaga dampak erosi melebar  di badan  jalan yang longsor. 





" Mengingat curah hujan cukup tinggi akhir-akhir ini, kita ragu jalan yang longsor bertambah lebar terkikis air hujan, jadi kalau tidak cepat ditangani akan berdampak putus Jalan Josep Sinaga ini, oleh karena itu, kami masyarakat Parapat meminta supaya Buapati mengambil gerak cepat perbaikan jalan yang longsor," pinta D Sinaga(45) dilokasi ,Senin(26/9-2022),


D Sinaga menjelaskan, longsornya Jalan Josep Sinaga akibat curah hujan Jumat(23/9-2022) malam, sekitar pukul 20.30 Wib 


" Malam itu, curah hujan cukup tinggi hinga beberapa jam, akhirnya tanah pinggiran jalan Josep Sinaga mengalami longsor, begitu juga pipa air PDAM Tirtalihou Ikut putus, ya dampaknya, jalan pun ikut longsor," terang Sinaga,

Lurah Parapat, Safrida Sinaga

Ketika dikonfirmasi Lurah Parapat Safrida Sinaga menjelaskan telah melaporkan bencana jalan longsor kepada pimpinan. Dan berkordinasi dengan pihak Polsek setempat untuk pembuatan police Ine dilokasi longsor. 


" Kemarin sewaktu terjadi jalan longsor, saya langsung turun ke lokasi, kami lihat di TKP ada pipa Air PDAM besar yang putus, kemudian kita hubungi petugas PDAM Tirtalihou untuk perbaikan pipa yang dibantu warga sekitar,  lalu menangulangi bencana longsor,  Selanjutnya, kita berkordinasi dengan pihak Kepolisian setempat agar dibuat larangan lewat dari lokasi jalan longsor, juga kita himbau warga dan pengunjung melalui portal penutup jalan supaya jangan melintasi bencana longsor, dan bencana jalan longsor telah kita laporkan kepada Camat , secara tertulis, " ucap Safrida,

Camat Girsang Sipangan Bolon, Marwandi Yosua Simaibang 

Terpisah, Camat Girsip Marwandi Yosua Simaibang menyampaikan telah melaporkan bencana jalan longsor kepada pimpinan. Dan Bupati telah memerintahkan dinas terkait supaya segera di perbaiki. 


" Terkait Jalan longsor Yosep Sinaga, kami dari Pemerintah Kecamatan Girsip telah melaporkan kepada pimpinan, mudah-mudahan dalam waktu cepat akan di surve dan dilakukan pembangunan dari anggaran biaya tak terduga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun, Setelah di cek lapangan, Bupati Simalungun telah memerintahkan kepala  BPBD agar segera di perbaiki akses dalam  jalan lingkar wisata Parapat, supaya dapat dilalui sebagaimana mestinya," ucapnya, 


Terjadinya jalan longsor , kata Camat, akibat curah hujan cukup tinggi. Jadi debit air hujan masuk ke rongga tanah jalan hinga terjadi tanah longsor. 


"  Kami telah berkordinasi dengan Polsek Parapat,  agar dibuat plang penutup jalan,  kami harap  kepada masyarakat supaya tidak melalui jalan longsor demi keselamatan," himbau Marwandi.


Amatan dilapangan, jalan longsor semakin melebar terkikis air hujan. Dan apabila tidak segera diperbaiki akan berdampak terputusnya akses jalan Josep Sinaga. (Hery)