KUR Usaha Mikro Jadi Penopang Ekonomi Masyarakat -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

KUR Usaha Mikro Jadi Penopang Ekonomi Masyarakat

Friday, September 2, 2022

Dairi-sumutpos.id :Pemerintah Kabupaten Dairi Bersama Posko Perjuangan Rakyat (POSPERA) DPC Kabupaten Dairi dan Bank Sumut memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku usaha di Kecamatan Tanah Pinem, Kamis (01/09/2022) bertempat di Posko Pospera desa Tanah Pinem.

KUR yang terdiri dari KUR kecil, KUR mikro, dan KUR super mikro diserahkan secara simbolis kepada warga penerima oleh Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu bersama Ketua DPC Pospera Dairi, Lambok Sitanggang, Tim dari Bank Sumut, serta turut dihadiri 3 camat dari Kecamatan Tanah Pinem, Tigalingga dan Gunung Sitember.

Dalam wawancara usai penyerahan KUR, Bupati menyampaikan bahwa produk KUR pada dasarnya sudah lama ada, namun KUR saat ini menjadi luar biasa, karena dapat juga diperoleh tanpa agunan dengan variabel usaha dari berbagai sektor.

“KUR diharapkan bisa membantu masyarakat, dan menjadi bantal kita disaat ekonomi jatuh artinya, kita harus tetap berusaha disaat aktivitas kita sudah semakin longgar,” tegas bupati.

Dijelaskan Bupati ada Bank Sumut yang membantu permodalan tanpa agunan. Program melalui Pospera ini adalah program jemput bola. Akan ada KUR untuk Jagung juga Kecamatan Tanah Pinem yang ditargetkan seluas 500 Ha.

Sebagaimana diketahui, daerah Tigalingga, Tanah Pinem dan Gunung Sitember adalah sentra penghasil jagung terbesar di Kabupaten Dairi.

“Saya harap di musim tanam terakhir di September hinga Desember satu desa di Sukadame 250 hektar dari 500 ha harus dapat KUR. Ada potensi krisis pangan jadi kami didorong untuk sedapat mungkin memanfaatkan lahan yang ada meningkatkan produktifitas dan ekonomi masyarakat,” kata bupati.

Lebih jauh bupati menjelaskan KUR super mikro ini sangat mudah didapatkan dan sangat menguntungkan. Bunganya 6 hanya persen selama peminjaman, tanpa agunan, dan bebas biaya provisi atau biaya yang dipotong dari jumlah pinjaman.

“KUR super mikro ini adalah salah satu fasilitas kredit dari Bank Sumut yang diperuntukkan bagi warga yang memiliki usaha produktif dengan skala mikro. Saya mengucapkan selamat dan bangga kepada penerima KUR super mikro, kalian adalah pelopor, contoh di tengah-tengah masyarakat,” katanya mengakhiri.

Sementara itu, Safrianti beru Pinem, warga penerima KUR merasa terbantu dengan bantuan ini. Ia berharap sebagai penerima dapat tetap melanjutkan usaha semakin maju.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pak bupati melalui Pospera kami memperoleh bantuan permodalan. Semoga usaha yang kami jalankan bisa berkembang maju kedepannya,” ujar Safrianty.
Sebelumnya, Ketua DPC Pospera, Lambok Sitanggang secara singkat menegaskan bahwa Pospera merupakan organisasi masyarakat yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan dan menjadi mitra bagi pemerintah.

“Sebagai mitra, Pospera bekerjasama dengan Bank Sumut dan dinas terkait memfasilitasi KUR ini agar bisa dimanfaatkan masyarakat, Kami harapkan agar masyarakat paham, perjuangan itu dilakukan perlahan,” katanya.

Dalam penyerahan KUR ini juga diserahkan bantuan lampu solar cell, dan bantuan sosial kepada masyarakat lansia dan disabilitas. Kesemuanya diberikan kepada perwakilan 4 desa.(Red-SP.ID/CS )