Bupati Toba Sosialisasikan Pengembalian Pedagang Pasar Balige -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Toba Sosialisasikan Pengembalian Pedagang Pasar Balige

Friday, September 16, 2022

Balige (16/9/22)-Sumutpos.id:Seiring dengan rampungnya revitalisasi Pasar  Balige, Pemerintah Kabupaten Toba melakukan sosialisasi kepada pedagang, terkait serah terima lapak yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Kamis (15/9/22)



Pasar Balige direvitalisasi menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan dirancang menjadi pasar modern untuk mendukung kepariwisataan di Kabupaten Toba.


Adanya revitalisasi mengakibatkan berkurangnya jumlah dan ukuran lapak. Terkait hal ini, Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sosialisasinya menyampaikan agar para pedagang dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lapak yang baru. Meskipun ada pengurangan jumlah lapak, Pemerintah Kabupaten Toba berjanji akan membagikan lapak secara berkeadilan kepada 573 pedagang.


“Desain dan ukuran lapak baru Pasar Balige sudah dipertimbangkan oleh para ahli dari Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR. Silakan diterima dan ditempati. Jangan diubah desainnya, pemerintah akan membagi hak sewa secara berkeadilan,” kata Bupati.


Diinformasikan juga kepada para pedagang bahwa balairung di lokasi pasar Balige akan difungsikan untuk kegiatan kepariwisataan.


Satgas Pengembalian Pedagang Pasar Balige mengeluarkan skema pembagian kios dan petak


Pedagang memiliki hak sewa 4 kios menjadi 3 kios, dari 3 kios menjadi 2, dari 2 menjadi 1, yang 1 tetap mendapatkan  1 kiis. 


Untuk sisa kios akan diundi kembali oleh pedagang yang kiosnya dikurangi.


Pengundian untuk kios akan dilaksanakan  pada hari Sabtu, 17 September  2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati. 


Skema Pembagian Petak :  Pedagang Pasar Balige 

memiliki hak sewa petak 1-3 petak mendapatkan hak sewa 1 petak, 4-5 mendapatkan 2 dan yang 6-7 mendapatkan 3 


Untuk sisa petak  akan diundi kembali oleh pedagang yang petaknya dikurangi.


Pengundian untuk petak dilaksanakan  Senin, 19 September  2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba

 


Berdasarkan data Dinas Perindagkop Kabupaten Toba , terdapat 9 pedagang yang memiliki 4 lapak, 9 pedagang memiliki 3 lapak, dan 59 pedagang yang memiliki 2 lapak.


Dalam acara sosialisasi juga berlangsung diskusi tanya jawab antara pemerintah dan pedagang. Acara diskusi diharapkan menemukan kesepakatan agar pengembalian pedagang ke Pasar Balige dapat segera dilakukan.



Turut mendampingi Bupati Toba, Wakil Bupati Toba Tonny M.Simanjuntak, Sekretaris Daerah Augus Sitorus, Plt. Kadis Perindagkop Toba Salomo Simanjuntak,Plt.Kadis Kominfo Sesmon TB  Butarbutar ,dan lainnya.(Red-SP.ID/DS)