Demi Terwujudnya Data Berkualitas, Pemkab Dairi Kerjasama Dengan BPS -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Demi Terwujudnya Data Berkualitas, Pemkab Dairi Kerjasama Dengan BPS

Thursday, July 28, 2022

Sidikalang,sumutpos.id: Pemerintah Kabupaten Dairi bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dairi menggelar sosialisasi dan koordinasi pembinaan statistik sektoral dan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) 2022, Rabu (27/7/2022) di aula Badan Pusat Statistik Kabupaten Dairi.

Program yang diikuti oleh Kepala Sub Bagian Program, Perencanaan, Pelaporan dan Keuangan atau yang membidangi urusan data dari masing-masing OPD ini bertujuan untuk membangun metadata statistik sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi Tahun 2022.

“Satu Data Indonesia merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menggapai mimpi bangsa Indonesia untuk berdaulat dalam data,” ujar Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi, Aryanto Tinambunan dalam sambutannya melalui via zoom.
Aryanto Tinambunan mengatakan, terwujudnya satu data banyak sekali manfaat untuk pemerintah. Salah satunya untuk membantu Pemerintah Kabupaten Dairi dalam membuat rencana kerja pembangunan.

“Dalam mengambil keputusan, pemerintah harus terus merujuk kepada data, serta kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Untuk itu, sudah menjadi tugas kita bersama memperbaiki tata kelola data demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pemerintah, serta mendukung pembangunan nasional,” ujarnya.

Aryanto Tinambunan mengatakan, kegiatan ini diharapkan nantinya tersedia data yang berkualitas, yaitu data yang akurat, mutakhir, terpadu, serta dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, mudah dibagi, dan mudah dipakai antar instansi.

“Saya berharap semua para peserta berpartisipasi aktif, dapat berbagi pemikiran dan berdiskusi terkait data yang dibangun, sehingga harapannya sudah sesuai dengan standar data yang ditetapkan oleh BPS yaitu ada data referensinya, data induknya, metadatanya dan memenuhi untuk interoperabilitas dengan data dan informasi lain,” tuturnya.

Aryanto Tinambunan menambahkan sebuah data jika dikorelasikan dengan data yang lain, akan menjadi sebuah informasi.

Kemudian kalau informasi diberi atensi, akan menjadi pengetahuan. Sedangkan pengetahuan dengan pengetahuan lainnya dikorelasikan, akan menjadi wawasan. Wawasan akan menjadi dasar dalam mengambil kebijakan serta memahami masalah.

“Prinsipnya adalah good data, good decision, and good result sehingga data yang baik akan menghasilkan keputusan baik. Semoga kita dapat saling bersinergi dalam penyediaan data yang komprehensif dan berkualitas untuk Indonesia maju,” Katanya.

Selanjutnya, Kepala BPS Kabupaten Dairi Dra Minda Flora Ginting dalam sambutannya mengatakan BPS Kabupaten Dairi siap membantu OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mengemas statistik dari masing-masing OPD dengan baik. Diakui Minda, salah satu progam tahun ini adalah masuk dalam perhitungan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten Dairi.

“Kita berharap, kegiatan ini nantinya dapat membantu setiap OPD untuk dapat mengemas bagaimana statistik sektoral di OPD masing-masing, sehingga menghasilkan satu data yang berkualitas. Kita akan sampaikan apa saja yang akan dibutuhkan dan perlu dipersiapkan setiap OPD, sehingga statistik di OPD dapat dikemas dengan baik sehingga satu data Indonesia dapat tercapai,” Katanya.(Red-SP.ID/Cs)