Launching, 10 Kecamatan di Simalungun Sudah Layani Rekam dan Cetak E-KTP -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Launching, 10 Kecamatan di Simalungun Sudah Layani Rekam dan Cetak E-KTP

Wednesday, June 8, 2022

(Image/Gambar) : Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga saat launching pelayanan rekam dan cetak E-KTP.

 
Simalungun - Sumutpos.id : Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga melakukan Launching Pelayanan Perekaman dan Pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di 10 Kecamatan secara virtual dari Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (8/6/2022)

Mengawali bimbingan dan arahannya Bupati menyapa camat dan warga di 10 kecamatan yang mengikuti kegiatan launching melalui aplikasi virtual zoom.

"Hari ini kita melakukan launching Perekaman dan Percetakan KTP-el di 10 Kecamatan di Simalungun yakni Kecamatan Purba, Ujung Padang, Dolok Silau, Bandar, Siantar, Tanah Jawa, Tapian Dolok, Sidamanik, Girsang Sipangan Bolon dan Bosar Maligas," kata Bupati.

Disampaikan Bupati, bahwa pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el di Kecamatan sangat di nantikan oleh masyarakat Simalungun yang jauh dari ibu kota Simalungun yaitu di Pamatang Raya.

"Jadi masyarakat tidak perlu  lagi datang jauh-jauh dari kecamatan ke Raya untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el cukup di kecakatan dan pelayanan ini gratis tidak di pungut biaya, tidak perlu lagi datang ke calo, lengkapi saja persyaratan nya antar ke kecamatan," ujar Bupati.

Usai melakukan Launching, selanjutnya Bupati didampingi Wakil ketua DPRD Elias Barus, Sekda Esron Sinaga, Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama serta sejumlah pimpinan OPD melihat  langsung proses  Perekaman dan Pencetakan KTP-el.

Dalam kesempatan ini Bupati menyerahkan KTP-el yang sudah selesai di cetak kepada Jan Cris (17 THN) warga Kecamatan Purba.

"Kita sudah melihat proses perekaman dan Pencatakan ini sangat mudah dan cepat hanya 15 menit langsung selesai, dan paling lama 45 menit itu karena menunggu verifikasi data dari Dukcapil Pusat yang terkendala karena teknis jaringan," kata Bupati

"Artinya ini sangat membantu masyarakat kita dalam efisiensi waktu memperoleh pelayanan, Pemerintah hadir memberikan solusi untuk hal ini. Kedepan di tahun 2024 kami berharap ini bisa di lakukan di 32 kecamatan di Simalungun, ini akan terus berkelanjutan," imbuh Bupati.

Untuk mewujudkan hal itu, Bupati menyampaikan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, harus ada dari dukungan dan kerjasama masyarakat Simalungun melalui taat membayar Pajak, karena pajak merupakan rohnya pembangunan di kabupaten Simalungun. Bupati juga menyampaikan bahwa blangko KTP-el cukup ketika masyarakat mau mencetak KTP.

Sebelumnya wakil Ketua DPRD Simalungun Elias Barus menyampaikan bahwa DPRD Simalungun sangat mengapresiasi kegiatan pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el yang dilakukan oleh Pemkab Simalungun.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini yakni launching pelayanan KTP-el di kecamatan, ini sangat membantu untuk masyarakat kita. Kami berharap kita bersama mendukung agar ini semua berjalan dengan baik, dan Kecamatan diharapkan agar bekerja maksimal sehingga pelayanan kepada masyarakat terlaksana sesuai dengan mesti nya," kata Elias Barus.

Sementara itu, Eva Situmeang  mewakili Dinas Dukcapil Sumatra Utara melalui virtual zoom menyampaikan Apresiasi atas pelaksanaan perekaman dan pencetakan KTP-el yang dilakukan Pemkab Simalungun. "Semoga pelayanan adminduk (administrasi kependudukan) semakin baik di Kabupaten Simalungun melalui percepatan pelayanan di kecamatan," katanya.

Launching pelayanan dan perekaman KTP-el di 10 kecamatan Kabupaten Simalungun juga diikuti oleh Dirjen Pendaftaran Penduduk Kemendagri David Yama melalui aplilkasi zoom meeting.

David menyampaikan bahwa tugas pelayanan itu tidak mudah banyak rintangan yang dihadapi namun itu semua bisa diatasi dengan bekerjasama. Adanya launching KTP-el di 10 kecamatan di Simalungun tentu memudahkan pemerintah dalam melayani masyarakat.

"Kami dari Pemerintah Pusat sangat mengapresiasi ini. Jadi laku kan dengan baik untuk kecamatan apa yang menjadi tugasnya. Dan Jika di lakukan di kecamatan maka harus di selesaikan di kecamatan tidak lagi di oper ke Disdukcapil," kata David.

"Jika ini berhasil maka tambah pelayanan, seperti kita tahu bawah di Dukcapil ada 24 pelayanan, kita berharap pelan-pelan di bawah kepemimpinan bapak Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Ini semua akan terlaksana,"tambah David seraya berpesan kepada Pemkab Simalungun melalui Disdukcapil dan kecamatan agar lebih mengedukasi masyarakat agar melek digital.

Usai melaksanakan semua rangkaian acara launching, kemudian Bupati di dampingi Wakil Ketua Tampak DPRD melakukan penanaman bungaa di taman Tiga Runggu. Kegiatan itu  juga hadir antara lain Camat Purba Bangun Siregar, Mewakili Kapolres Simalungun AKP P Sihombing, Mewakili dandim Letu Inf Aranpinus Sitompul dan Seluruh Pangulu dan Lurah se-Kecamatan Purba.(Red-SP.ID/FIS)