Bupati Toba Sosialisasi Sistem Pertanian Terpadu -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Toba Sosialisasi Sistem Pertanian Terpadu

Sunday, June 19, 2022


(Image/gambar):Bupati Ir. Poltak Sitorus Memberi Arahan Kepada Petani Tentang Sistem Pertanian Terpadu

Toba-Sumutpos.id:Bupati Toba, Poltak Sitorus mengajak  warga petani agar ikut menyukseskan program pemerintah, salah satunya penanaman dua kali (padi dua kali atau padi dan jagung) dengan cara integrated farming system (sistem pertanian terpadu).

"Untuk mengatasi kelangkaan pupuk saat ini , disiasati dengan pengolahan pupuk kompos dari kotoran ternak,"sebut Bupati Poltak Sitorus ,seusai kebaktian dalam bimbingan dan arahannya kepada jemaat Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Hutahaean Resor Laguboti Habinsaran, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Minggu, 19 Juni 2022.

Turut hadir mendampingi Bupati, Ketua PKK Kabupaten Toba Ny.Rita Marlina Poltak Sitorus, PJ.Sekdakab Toba Augus Sitorus dan istri, Plt.Asisten Administrasi Umum Verry S.Napitupulu, Kadis Pertanian T.H Sitorus, Kadis Perijinan Reguel Hasadaan, Plt.Kadis Kominfo Sesmon T.B Butarbutar, Plt. Camat Laguboti Aprillia Nessy Tampubolon, Kabag Prokopim Try Sutrisno Pandapotan, Kades Simatibung ,dan Kadis Parsaoran Nauli.

Menurut Bupati Poltak Sitorus,tujuan program yang disebut dengan IP2 ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Pada kesempatan ini, ia juga memohon kepada salah satu jemaat yang hadir , St.H.W Hutahaean dan istri , agar berkenan membantu pengadaan ternak ayam dan bebek.

Maksud dan tujuannya, lanjutnya, agar dua desa ini dapat mengolah kotoran ternak ini menjadi pupuk. Disamping itu, kebutuhan gizi warga terutama anak-anak dapat terpenuhi dengan mengonsumsi telur.

Gayung bersambut, H.W Hutahaean yang dikenal sebagai pengusaha PT.Hutahaean dan Labersa Grup ini, mendukung sepenuhnya untuk nantinya memberikan ternak ayam dan bebek di dua desa sekitar gereja ini.


H.W Hutahaean pun  memberikan motivasi kepada jemaat agar mau tekun bekerja dan berdoa , sebagai kunci kesuksesan.

Menanggapinya Bupati Poltak Sitorus juga mengucapkan terima kasih kepada pengusaha sukses ini. Pada bagian akhir arahannya, Bupati menyemangati para siswa SMP yang mau melanjutkan  jenjang SMA unggulan: SMA Unggul Del atau Asrama SMA Yayasan Tunas Bangsa (dulu Yasop). Bila orang tuanya kurang mampu maka Pemkab Toba akan memberikan bantuan beasiswa. (Red-SP.ID/DS)