40 Petani Simalungun Berangkat ke Pulau Jawa -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

40 Petani Simalungun Berangkat ke Pulau Jawa

Monday, June 13, 2022

(Image/Gambar) :  Wabup Simalungun Zonny Waldi saat berangkatkan petani ke pulau Jawa.



 

Simalungun - Sumutpos.id : Sebanyak 40 petani di Kabupaten Simalungun diberangkatkan ke Pulau Jawa untuk studi banding sekaligus pengembangan pemasaran produk pertanian sekaligus dalam rangka usaha peningkatan ekonomi masyarakat menuju rakyat sejahtera  khususnya di bidang pertanian.

Pemberangkatan para petani tersebut secara resmi dilepas Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga diwakili Wakil Bupati Zonny Waldi dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Simalungun, di Pamatangraya, Sumut, Senin (13/6/2022),

Dalam melepas duta Simalungun itu, Wakil Bupati didampingi Kadis Pertanian Ruslan Sitepu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Leo L Haloho, Plt Kadis Kominfo Sahat ML Simangunsong, Kadis Koperasi dan UKM Maruli Tambunan dan Dirut PD Agromadear Tri Dharma Sipayung dan lainnya.

Pemberangkatan tersebut digagasi oleh Forum UMKM Rakyat Sejahtera (FURS) yang diketuai Dr Birma Saragih dan Penasehat FURS Albert Sinaga. "Tujuan pemberangkatan ini adalah untuk membuka pemasaran produk pertanian yang lebih luas di luar Pulau Sumatera," kata Albert.

Menurutnya, para petani akan mengunjungi Pasar Induk Keramat Jati Jakarta, mendatangi Komisi IV DPR RI untuk diskusi terkait pengembangan sektor pertanian dan studi banding ke Lembang Jawa Barat sebagai daerah percontohan pertanian yang telah menggunakan teknologi dalam pengelolaan pertanian.

Adapun 40 duta Kabupaten Simalungun tersebut meliputi 30 petani penghasil jeruk, bawang, jahe, kincung, kolang kaling dan buah naga, 5 orang perwakilan FURS dan 5 orang mewakili dinas terkait. Dengan harapan seluruh petani yang berangkat bangga dan mencintai produk pertanian Simalungun. Semua biaya keberangkatan tersebut bersumber dari swadaya pengusaha dan dibantu Bupati Simalungun.

Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi berpesan kepada seluruh duta tersebut agar tetap semangat dan menjaga kesehatan selama di perjalanan hingga pulangnya nanti.  "Tunjukkan juga tata krama dan cerminkan budaya Simalungun. Berangkat 40 orang, pulangnya juga 40," pesan Wakil Bupati.

Dijelaskan Wakil Bupati, maksud dan tujuan keberangkatan para petani ke Pulau Jawa adalah untuk membuka peluang penambahan jaringan pemasaran produk pertanian dan sebagai usaha peningkatan ekonomi masyarakat menuju rakyat sejahtera  khususnya di bidang pertanian.

Disamping itu juga untuk meningkatkan ilmu pengetahuan tentang teknologi dan budidaya pertanian serta diskusi ke DPR RI dalam hal pengembangan sektor pertanian.(Red-SP.ID/FIS)