Produk UMKM Simalungun Dipromosikan di Ajang Inacraft 2022 -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Produk UMKM Simalungun Dipromosikan di Ajang Inacraft 2022

Kamis, 24 Maret 2022

(Image/Gambar) : Produk UMKM Simalungun di Inacraft 2022 di Jakarta.

Jakarta - Sumutpos.id : Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Simalungun, dipromosikan di Ajang Inacraft Tahun 2022, yang dibuka langsung Presiden Joko Widodo, di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Rabu (23/3/2022).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga(TP-PKK) Kabupaten Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi dan UMKM Simalungun, membawa berbagai jenis produk unggulan yang dikemas dan diproduksi oleh para pelaku UMKM di Simalungun.

Ny Ratnawati menerangkan, ikut sertanya tim dari Simalungun, bertujuan untuk mempromosikan produk ungggulan yang ada di Simalungun, supaya mampu bersaing dengan produk produk UMKM lainnya di Indonesia.

Selanjutjya Ny Ratnawati menyampaikan, produk ungggulan yang dipromosikan di Stand Pemkab Simalungun, yakni Produk Bubuk Jahe Merah Simalungun yang dikelola dan diproduksi ibu ibu rumah tangga binaan TP-PKK.

Selain itu, turut juga dibawa madu teh, produk makanan ringan yang di produksi oleh para pelaku UMKM di Simalungun. Ada juga produk kerajinan tangan, seperti hiou tenun Simalungun dan handycraft lainnya.

Lebih lanjut Ny Ratnawati mengatakan, dengan ikut sertanya tim dari Simalungun di Ajang Inacraft Tahun 2022, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pelaku UMKM di Simalungun untuk terus kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan serta memasarkan produk unggulannya.

“Ini moment bagi Simalungun, untuk bisa bersaing memasarkan produk-produk unggulannya di tingkat Nasional,” ujar Ratnawati. 

Ratnawati berharap, ke depannya para pelaku UMKM di Simalungun agar meningkatkan kualitas produknya dengan baik, sehingga masyarakat Simalungun umumnya bisa dapat mencintai produk unggulan karya masyarakat Simalungun itu sendiri.

"Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produk kita sendiri. Itu akan memajukan para pelaku UMKM dan meningkatkan perekonomian masyarakat Simalungun,” harap Ratnawati.

Hal senada disampaikan Kadisperindag Simalungun, Ir Leo Lopisa Haloho, bahwa kedepannya Pemkab Simalungun akan terus ikut andil mencari peluang untuk memasarkan produk produk unggulan UMKM di Simalungun, dan akan melibatkan seluruh stakholder yang ada di Simalungun.

"Kami meyakini produk UMKM yang diproduksi masyarakat Simalungun, mampu bersaing di pasar produk Indonesia. Tentunya, nanti akan terus dilakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM untuk semakin meningkatkan kualitas produksinya," pungkas Leo.(Red-SP.ID/FIS)