Ikuti Inacraf 2022 Dekranasda Toba Andalkan Ulos dan Mandar Balige -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Ikuti Inacraf 2022 Dekranasda Toba Andalkan Ulos dan Mandar Balige

Thursday, March 24, 2022

(Image/gambar): Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah  (Dekranasda) Toba, Rita Marlina Poltak Sitorus, menaruh harapan, dengan tampilnya  produk unggulan  Tenun asal Kabupaten Toba dapat menarik perhatian dan atensi  pengunjung  dalam pameran berskala internasional ini.


Toba-Sumutpos.Id:Dengan mengusung ulos batak, mandar balige serta songket tuntuman sebagai unggulan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah  (Dekranasda) Toba, Rita Marlina Poltak Sitorus, menaruh harapan, dengan tampilnya  produk unggulan  Tenun asal Kabupaten Toba dapat menarik perhatian dan atensi  pengunjung  dalam pameran berskala internasional ini.

Hal ini terwujud dengan ikutnya Dekranasda Toba pada perhelatan  International Handicraft Trade Fair (Inacraft) yang berlangsung pada 23- 27 Maret 2022 di Jakarta Convention Centre, Jakarta.


Rita Marlina Poltak Sitorus kepada awak media sesaat setelah Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Inacraft Tahun 2022  mengatakan bahwa Kabupaten Toba mempunyai produk unggulan lain seperti kopi, jagung, padi  yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar negeri, karena memiliki ciri khas dan kualitas yang dapat bersaing dengan daerah lain.



Produk tenun unggulan yang ditampilkan Dekranasda Toba adalah  Ulos Batak, Mandar Balige dan Songket Tuntuman, serta unggulan lain seperti Tas Bahan Tenun hasil modifikasi, Sirat Stola, Kemeja Pria kombinasi Tenun, dan produk tenun lainnya telah ditampilkan dalam pameran Inacraft 2022 ini.

Rita Marlina Poltak Sitorus lebih lanjut mengatakan, bahwa keikutsertaan Dekranasda Toba pada Inacraf 2022 ini menjadi ajang atau sarana promosi kerajinan untuk meningkatkan pengetahuan, sehingga
mampu berinovasi, lebih kreatif dalam memajukan kualitas produk unggulan UKM Kabupaten Toba dimasa mendatang, sebutnya.



Sehingga produk unggulan daerah terutama tenun khas Toba dapat lebih dikenal oleh masyarakat luar Toba, terutama orang .Batak yang lahir dan besar di perantauan, dalam dan luar negeri,"sambung Rita Marlina Poltak Sitorus  berharap.

Dalam kegiatan ini ,Ketua Dekranasda Toba Rita Marlina Poltak Sitorus didampingi  Wakil Ketua Dekranasda Toba Erna Tonny M.Simanjuntak,  Kepala Bidang Industri pada Dinas Perindagkop Toba Telda dan jajaran pengurus lainnya. (Red-SP.ID/DS)