Bupati Nias Paparkan Capaian Pembangunan Dan Tahapan Proses Di Musrenbang RKPD Zona Kepulauan Nias -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Bupati Nias Paparkan Capaian Pembangunan Dan Tahapan Proses Di Musrenbang RKPD Zona Kepulauan Nias

Selasa, 08 Maret 2022


(Image/gambar): Bupati Nias paparkan capaian Pembangunan dan Tahapan Proses di Musrenbang RKPD Zona Kepulauan Nias

Nisel - Sumutpos.id : Melalui Pra Musrenbang, RKPD Zona Kepulauan Nias ini mampu melahirkan program-program yang bermanfaat untuk Masyarakat Se-Kepulauan Nias. Kegiatan Pra Musrenbang ini dilaksanakan selama 2 hari tanggal 7-8 Maret dan khusus tanggal 8 adalah Pelaksanaan Pembahasan Desk Trilateral, pada hari Senin (07/03/2022)

Pada Rapat tersebut turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Nias, Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan, Sekda se-Kepulauan Nias, Asisten Setda se-Kepulauan Nias, OPD terkait se-Kepulauan Nias dan seluruh undangan.

Adapun maksud dan tujuan Kegiatan ini digelar dalam Rangka menyampaikan Paparan terkait dengan inovasi daerah yang menjadi Success Strory selama masa Jabatan dan dukungan terhadap 8 (delapan) Prioritas Pembangunan melalui Pelaksanaan 54 (lima puluh empat) Kegiatan Strategis Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Bupati Nias Ya'atulo Gulo, S.E., S.H., M.Si dalam Pemaparannya menyampaikan bahwa ada beberapa Program Inovasi Daerah yang telah tercapai maupun sedang berproses di Kabupaten Nias dimana inovasi inilah yang menjadi latar belakang Visi dan Misi Tri Sakti Nias Maju, dan dianggap mampu memberikan perubahan dan kemajuan berdasarkan situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Nias.

“Program Inovasi Daerah Kabupaten Nias antara lain: Perampingan Birokrasi dimana 36 OPD dilebur menjadi 31 OPD Tahun 2021, Sertifikasi Lahan melalui Program Strategis Nasional, dan yang terakhir adalah Pemanfaatan Ibukota Baru (Gido) sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru dan Peningkatan Pelayanan kepada Masyarakat”, Ujar Bupati Nias

Lebih lanjut Bupati Nias memaparkan dukungan serta usulan terhadap 8 (delapan) Prioritas Pembangunan Provinsi Sumatera Utara. Dalam hal ini, dukungan dan usulan tersebut merupakan Prioritas Program di Kabupaten Nias.

“Adapun usulan Progam Kabupaten Nias saat ini adalah Pembangunan Gedung Perpustakaan, Penambahan Peserta Jaminan PBI dan PMT, Bursa Kerja Online, Penyuluhan dan Pelatihan CPMI, PMI dan Wirausaha, Dukungan untuk Fasilitas Pertanian dan Peternakan, Penataan Lokasi Wisata (Pantai Somi, Tagaule, dan Bozihona), Opini WDP menjadi WTP, Pembanguna Rumah Ibadah yang memadai, Akses Jalan antar Kabupaten serta Irigasi dan Pengendalian Bencana atau Banjir,” ucap Bupati Nias,

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara menyampaikan bahwa dalam pembangunan harus ada perencanaan yang kemudian disinkronkan dengan Pembangunan Provinsi, sehingga apa yang kita Laksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Ada banyak hal yang kita inginkan dan kita cita-citakan, namun semua itu harus kita dasarkan untuk mensejahterakan masyarakat. Diharapkan apa yang menjadi perencanaan pembangunan adalah perencanaan yang dijadikan Skala Prioritas”, Tegas Edy Rahmayadi

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Sumatera Utara berpesan bahwa kebersamaan dan kekompakan Kabupaten dan Kota tetap terjaga dengan baik, harus mampu berbenah diri dan Menata wilayahnya masing-masing agar di masa yang akan datang Kepulauan Nias bisa Mandiri, Makmur dan Masyarakat Sejahtera." tutup Gubsu. (Red-SP.ID/FH)