Musrenbang Kecamatan Ma’u Rumuskan Prioritas Pembangunan Daerah -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Iklan

Musrenbang Kecamatan Ma’u Rumuskan Prioritas Pembangunan Daerah

Saturday, February 5, 2022

(Image/Gambar) : Musrenbang Kecamatan Ma’u Rumuskan Prioritas Pembangunan Daerah.




Nias -Sumutpos.id : Bupati Nias yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Nias Bazatulo Zendratō, SE, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kecamatan Ma’u, bertempat di Kantor Camat Ma’u, pada hari Kamis (03/02/2022).


Musrenbang Kecamatan Ma’u di hadiri oleh Bappeda Litbang Kabupaten Nias Yohanes Saota, SE, Kadis PUPR Viktor Sunardin Waruwu, ST., MT, Anggota DPRD Fo’arota Gulo, Asisten III Fabualasa Laoli, Kapolsek Moi Iptu Narson Waruwu, para Kepala Desa serta Utusan Delegasi Desa Se-Kecamatan Ma’u.


Pada arahan Bupati Nias, yang di sampaikan oleh Bazatulo Zendrato, SE, Staf Ahli Bupati Nias, menyampaikan bahwa sebagaimana Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Pembangunan Nasional yang di Jabarkan dan lebih lanjut pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 pasal 95 bahwa Musrenbang Kecamatan dan Kabupaten dilaksanakan dengan Tujuan untuk membahas, menyepakati serta merumuskan permasalahan dan prioritas pembangunan Daerah." Jelas Bazatulo Zendratō.


Pelaksanaan Musrenbang hari ini merupakan Puncak dari Mekanisme Perencanaan Pembangunan Daerah di Kecamatan Ma’u yang sebelumnya telah dilaksanakan Musrenbang di masing-masing Desa.


"Untuk itu, melalui Forum Musrenbang ini kita berharap akan tercipta kesamaan Pandangan dan Harapan dari seluruh Pelaksanaan Pembangunan Daerah dalam Mensinergikan Strategis Kebijakan Program dan Kegiatan Prioritas antara Pemerintah Kecamatan dengan Desa untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Nias khususnya di Kecamatan Ma’u pada Tahun 2023 yang akan datang." Paparannya.


Sejalan dengan dokumen RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 di jelaskan bahwa kedudukan rencana kerja Pemerintah Daerah Tahun 2023 memiliki arti yang sangat Strategis karena merupakan Tahun Ke-dua untuk melanjutkan Pencapaian Sasaran Pembangunan Jangka menengah Daerah sesuai Target yang telah ditetapkan dalam arah kebijakan Pembangunan di Tahun 2023, akan di Fokuskan pada Peningkatan Daya Saing, Sumber Daya Ekonomi Faktor Pendorong Berkelanjutan serta Meningkatnya nilai tambah lapangan kerja Investasi, Ekspor dan juga Fokus pada Sektor Pariwisata yang ada di Kabupaten Nias." Ucapnya


Hal penting lainnya adalah Sinergitas dari semua Pemangku Kepentingan Pembangunan, dalam upaya Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, dan juga Pemulihan Ekonomi dan Pelayanan Dasar serta Pertumbuhan Ekonomi.


"Koordinasi Tingkat Kecamatan

Pada Tahun 2023 yang akan datang di perlukan Komitmen yang nyata, sehingga berbagai isu Strategis Pembangunan dapat dilaksanakan oleh Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nias yakni :

Bidang Infrastruktur; membuka Keterisolasian khususnya di Desa-desa yang masih Terisolir. Peningkatan kualitas Infrastruktur. Penataan kawasan Ibu Kota Kabupaten Nias. Optimalisasi pembangunan. Pengembangan Bangunan Irigasi. Perluasan Rutinitas dasar Listrik, dan Air bersih.

Bidang Pendidikan ; Jumlah Kompetensi dan Kualifikasi Pendidikan Tenaga Guru.


Bidang Kesehatan ; Mengotimalkan permasalahan Gizi buruk atau kurang Gizi Balita, dan Stunting.


Bidang ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan, Fokus pada Kegiatan ; Pengembangan Komunitas Unggulan Daerah yaitu ; Padi, Jagung, dan Kopi. Revilitas Pasar Modern atau tertutup. Pengembangan Penataan Pariwisata. Budaya Nias.


Penetapan usulan pembangunan dapat dilakukan secara Objektif, Rasional dan Berkeadilan pada Pemerataan Pembangunan. (Red-SP.ID/FH)