Saluran Irigasi di Lumban Holbung Jebol, Pipa Air Minum Putus Total, Ratusan Hektar Sawah Terancam Kekeringan -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Saluran Irigasi di Lumban Holbung Jebol, Pipa Air Minum Putus Total, Ratusan Hektar Sawah Terancam Kekeringan

Senin, 27 November 2023

(Image/Gambar) : Tampak saluran irigasi jebol di Nagori Pagar Pinang, Kecamatan Jorlang Hataran.



Simalungun - Sumutpos.id : Saluran irigasi primer di daerah irigasi Pinang Ratus, tepatnya di Dusun Lumban Holbung, Nagori Pagar Pinang, Kecamatan Jorlang Hataran jebol pada Sabtu 25 November 2023 lalu.


Akibat jebolnya saluran irigasi tersebut berdampak pada ratusan hektar persawahan warga akan terancam kekeringan dan pipa air minum masyarakat juga ikut putus total.


Kepala Sumber Daya Alam Unit Jorlang Hataran Reston Bakkara ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke Kabupaten dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).


"Kejadian ini sudah kita laporkan ke atasan pada Sabtu lalu dengan bukti-bukti foto dan video," ujar Reston kepada media ini dilokasi, Senin (27/11/2023) sekira pukul 10.00 WIB.


Ia menjelaskan, saluran irigasi tersebut jebol diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi pada Sabtu malam lalu, sehingga air meluap ke saluran irigasi.


Saat ini juga sedang ada pengerjaan disaluran irigasi untuk membuat pembuangan air ke arah sungai, karena jika curah hujan tinggi saluran irigasi ini tidak dapat menampung debit air yang cukup besar yang datang dari area perkebunan PTPN IV Unit Bah Birong Ulu," jelasnya.


Sementara itu, Kepala Dusun Lumban Holbung, Nagori Pagar Pinang Vanden Gultom menyampaikan, akibat jebolnya saluran irigasi tersebut, ratusan hektar persawahan warga akan terancam kekeringan, dan air minum warga juga putus total.


Untuk itu, kami harapkan kepada dinas terkait agar segera memperbaiki saluran irigasi tersebut supaya persawahan warga secepatnya dapat dialiri air, dan yang paling utama secepatnya saat ini, pipa air minum masyarakat agar diperbaiki karena air minum ini merupakan kebutuhan pokok utama warga," kata Vanden serta puluhan warga yang datang ke lokasi jebolnya saluran irigasi.


Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Simalungun Hotbinson Damanik belum berhasil dimintai tanggapannya. Ketika dihubungi via seluler dengan nada aktif namun tidak diangkat, dan pesan WhatsApp kru media ini juga tidak mendapatkan balasan walau sudah terlihat dibaca.

(Red-SP.ID/FIS)