Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah(BIAS) -->
AYO IKUTI PROTOKOL KESEHATAN - CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI

Pengikut


Iklan

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah(BIAS)

Kamis, 17 Agustus 2023


 


Pakpak Bharat,Sumutpos.id:Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor mengunjungi SD N 030412, Salak guna menghadiri Pencanangan Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan Human Papiloma Virus (HPV) Kabupaten Pakpak Bharat yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat dan UPT Puskesmas Salak.


Ny. Juniatry hadir di sana, memberikan motivasi bagi seluruh peserta didik akan pentingnya imunisasi ini.


 Anak-anakku semua tidak perlu takut disuntik ya, tidak sakit kok, ada dokternya ini baik dan ramah, supaya anak-anakku semua tetap sehat dan bisa fokus belajarnya, ucap dia dihadapan ratusan anak sekolah.


Ny. Juniatry Franc bernhard Tumanggor juga menjelaskan, Vaksin ini sangat besar manfaatnya untuk mencegah penyakit Campak, Rubela dan Kanker leher rahim yang merupakan masalah kesehatan di Indonesia bahkan dapat menyebabkan kematian.


Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Pakpak Bharat, dr. Thomas, MM menjelaskan, kegiatan BIAS secara operasional dinilai sangat efektif dan efisien karena sebagian besar sasaran sudah berkumpul atau terorganisir di Sekolah/Madrasah.


Meskipun demikian, agar cakupan yang tinggi dapat dicapai maka kegiatan BIAS juga harus menjangkau sasaran usia sekolah yang tidak sekolah maka pelayanan BIAS juga dilaksanakan di posyandu, pos pelayanan imunisasi, puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, jelas dia.


Pemberian imunisasi untuk anak usia SD/MI/ bentuk lain yang sederajat merupakan imunisasi rutin lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit Campak, Rubela, dan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) pada peserta didik perempuan usia sekolah dasar kelas 5 (dosis pertama) dan kelas 6 (dosis kedua) untuk mencegah penyakit Kanker leher rahim.


Di Kabupaten Pakpak Bharat, sasaran Penerima Vaksin MR  Kelas 1 sebanyak 1128 orang dan HPV  Tahun 2023 Sebanyak 583 Orang.(Red-SP.ID/BRT)